Scroll to Top

FB Facial Recognition Setelah Diprotes Norwegia, Kini Ditentang Jerman

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 16 Aug 2012

facebook Facial Recognition

Facebook kembali mendapat hantaman dari benua biru Eropa. Setelah Norwegia, kini giliran Jerman. Fitur FB facial recognition menuai protes di negeri bavaria tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, negeri viking Norwegia keberatan dengan fitur pengenalan wajah ini. Menurut pemerintahan setempat bisa menimbulkan ancaman.

Sejatinya fitur ini hadir setelah Facebook mengakuisisi Face.com. Namun apa lacur, bukan pujian yang dituia, malah kecaman yang semakin menusuk.

“Jika Facebook juga memantau pengguna Norwegia, mungkin melanggar hukum privasi Norwegia,” ujar direktur komunikasi Norwegian Data Protection Authority, Ove Skara kala itu.

Kali ini Jerman melakukan hal yang sama. Mereka khawatir Facebook nantinya akan menyususn database foto tanpa persetujuan mereka.

Karenanya fihak Jerman kemudian membuka penyelidikan kembali akan kasus ini untuk meninjau ulang fitur tersebut yang dikhawatirkan menimbulkan ancaman.

“Kami tidak memiliki pilihan lain selain membuka kembali penyelidikan. Kami telah berulang kali bertemu fihak Facebook akan tetapi tidak membuahkan hasil,” ujar komisaris perlindungan data Hamburg, Johannes Caspar.

Kasus ini menjadi topik hangat di Eropa. Bahkan di Irlandia, Facebook sepakat akan menghentikan fitur ini setalah tanggal 1 Juli silam.

Facebook sendiri tetap kekeh dengan kebijakan yang mereka amini keabsahannya. Tentu saja jejaring sosial ini yakin jika fiturnya tidak berbenturan dengan masalah privasi.

“Kami percaya jika jika fitur ini sesuai dengan perlindungan hukum Uni Eropa. Selama ini dialog terus kami jalin dengan otoritas pengawas Eropa,” bela Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda