Scroll to Top

5 Ciri Tweet Spam

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 03 Aug 2011

Bukan hanya email saja yang rentan dengan kiriman email spam. Atau bahkan Facebook yang banyak menawarkan produk yang ternyata spam. Twitter pun ternyata juga jadi sasaran empuk para pelaku spam di dunia maya.

Meskipun Anda sudah berhati-hati dengan menjaga keamanan berTwitter Anda, ada kalanya Anda bisa terjebak kiriman tweet Spam jika belum tahu ciri-cirinya.

Bagaimana tidak, beberapa tweet spam biasanya menyampaikan message tentang sesuatu hal yang memancing keingintahuan Anda. Jika Anda termasuk pecinta barang gratisan (freebies), gossip, atau berita heboh yang akhirnya ternyata cuma hoax, Anda lah target utamanya.

Sedangkan spam ini tampak seperti tweet pada umumnya. Bisa berbentuk standar tweet, @replies dan Direct Message, bahkan bisa juga mengatasnamakan teman di akun Twitter Anda.

Seperti kebanyakan spam, yang akan terjadi jika Anda sampai mengikuti link yang biasanya merupakan alat utama sebuah spam, Anda akan dengan mudah terinfeksi malware. Yang ujung-ujungnya, data pribadi akun Anda bisa disalahgunakan.

Berikut adalah ciri-ciri Twitter spam tersebut dikutip dari Mediabistro:

1.       Banyak Hashtag (#)

Beberapa tweet spam biasanya menampilkan lebih dari satu hashtag (#), bisa dua bahkan tiga didalam satu tweet saja. Mereka terkadang menggunakan trending topic sebagai pancingan. Jika Anda melihat sebuah tweet dengan banyak hashtag (#), dan biasanya tidak berhubungan satu dengan lainnya, besar kemungkinan kalau itu adalah spam. Jangan terpancing untuk meng-klik hashtag (#) nya.

2.       Link Jebakan

Fitur pemendek URL seperti goo.gl bisa jadi digunakan para pelaku spam untuk membuat URL nya terlihat eye catching. Anda bisa saja terjebak dengan hal ini. Akan lebih baik jika Anda memiliki application yang bisa melihat sekilas (preview) suatu link tanpa harus meng-kliknya. Pastikan Anda yakin dengan domain yang ingin Anda akses.

3.       Akun Palsu

Pelaku spam di Twitter pasti harus punya akun Twitter juga kan?! Waspai akun palsu mereka. Mungkin saja aku mereka terlihat meyakinkan, dengan foto, profil dan biografi. Akan tetapi sebenarnya itu semua palsu. Mereka hanya menggunakan akun dummy untuk aksi spam mereka. Jadi, sampai Anda benar-benar yakin dengan akun tersebut, jangan dulu klik link yang mereka tawarkan.

4.       Akun Teman yang Dibajak

Bagaimana jika ada yang mengatasnamakan akun teman Anda melakukan tweet pancingan yang serupa? Bisa jadi akun mereka dibajak, atau sebelumnya mereka terlebih dahulu terkena spam. Hal ini seperti penyakit yang menular. Jika Anda merasa karakter penulisannya berbeda, seperti bukan teman Anda yang menulisnya, Anda sebenarnya bisa menebaknya bukan?

5.       Akun Baru

Pelaku spam seperti telah disebutkan diatas, menggunakan akun dummy untuk melancarkan aksinya. Dan biasanya akunakun ini baru dibuat. Jadi jika Anda melihat sebuah akun yang baru berumur beberapa hari, Anda patut curiga. Jangan lekas percaya dengan tawaran yang diajukannya.

Anda pernah menemukan tweet dengan ciri-ciri diatas?

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda