Scroll to Top

Trik Kampanye Marketing Menggunakan Facebook Places

By Melissa / Published on Wednesday, 03 Aug 2011

facebook placesDalam setahun sejak peluncuran Facebook Places, sebuah layanan media sosial berbasis lokasi keluaran Facebook, banyak kampanye pemasaran kreatif yang dilakukan oleh berbagai bisnis.

Layanan check-in ini membantu berbagai brand untuk membangun komunitas sekaligus melibatkan dan memberikan hadiah untuk para pelanggan setianya. Strategi viral marketing ini sangat efektif karena setiap check-in yang dilakukan pengguna akan muncul di news feed teman mereka. Hal ini menjadikan para pemilik bisnis dapat memberikan insentif untuk para pengguna yang datang berkunjung ke lokasi atau event milik mereka.

Tidak seperti Groupon dan Living Social, Facebook Places memberikan kemudahan kepada Anda untuk memilih sendiri bagaimana cara melakukan promosi dengan gratis. Anda dapat membuat voucher diskon untuk individu atau grup dan anda juga dapat menentukan bagaimana cara diskon ini diklaim, misalnya dengan total jumlah check-in.

Dikutip dari All Facebook, berikut ini adalah berbagai bentuk kampanye marketing Facebook Places yang kreatif dan inspiratif.

  1. Promosi Event. Electronic Arts U.K. menyelenggarakan tur event “Play4Xmas” di 6 mall yang berbeda selama bulan November dan Desember. Mereka yang check-in di setiap event akan mendapat kesempatan untuk memenangkan 10 buah game setiap harinya.
  2. Diskon Check-in. Westfield Valley Fair di Santa Clara, California, memberikan kupon diskon sebesar 25%, dan Ann Taylor memberikan diskon 20% untuk semua barang yang belum memiliki promo khusus setiap kali ada pengunjung yang check-in di toko mereka.
  3. Co-Branding. Nike bekerjasama dengan truk taco asal Korea di Portland untuk memberikan “Destroyer Burritos” secara cuma-cuma, yaitu ‘burrito’ bohongan yang berisi jaket atlet bermerk untuk mereka yang check-in.
  4. Check-in Sesuai Event. Onitsuka Tiger Australia memberikan sponsor untuk Sydney Bicycle Film Festival dan membuat titik check-in di setiap 10 event miliknya. Pengunjung festival tidak perlu check-in di lokasi festival, tetapi mereka harus check-in di titik khusus pada setiap event, karena jika mereka check-in di minimal 3 event dan dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan di halaman Facebook sponsor, para pengguna mendapatkan kesempatan untuk memenangkan sepeda dan perlengkapan Onitsuka Tiger. Hasilnya, lebih dari 50% pengunjung melakukan check-in di event pertama mereka.
  5. Check-in Harian. University of Kentucky memasang icon Facebook besar yang terbuat dari kayu di kampusnya untuk mendorong para siswa melakukan check-in setiap hari di setiap lokasi yang berbeda di universitas mereka. Kampanye ini dilakukan ketika mereka berada di kampus dan di setiap acara olahraga. Pihak kampus berharap hal ini dapat mendongkrak jumlah siswa yang mendaftar ke universitas mereka.
  6. Marketing Terselubung. Daripada menyewa booth untuk pameran di ITB Berlin (pameran wisata terbesar di dunia), Germanwings memutuskan untuk menggunakan Facebook Places dan menciptakan titik check-in di setiap booth kompetitor mereka. Ketika seorang pengguna Facebook Places melakukan check-in di salah satu booth maskapai penerbangan saingan seperti Air France, di status Facebook pengguna tersebut akan muncul tulisan berisi promo tersembunyi, “Air France: Ke Perancis dengan harga murah hanya ada di Germanwings”.
  7. Check-in Untuk Amal. Tahun lalu, Southwest Airlines mengadakan kampanye liburan amal untuk Yayasan Make-A-Wish. Mereka menggalang donasi $1 untuk setiap check-in yang dilakukan di bandara Southwest dan akhirnya berhasil mengumpulkan dana sebesar $300.000.

Kemudahan dan keleluasaan yang ditawarkan Facebook Places membuat para pebisnis mampu melakukan promo pemasaran dalam berbagai bentuk sesuai kreativitias mereka. Dengan jumlah pengguna Facebook yang sangat banyak di Indonesia, apakah para pebisnis Indonesia akan mencoba memanfaatkan peluang marketing dengan menggunakan Facebook Places? Kita lihat saja perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda