Scroll to Top

Julian Assange, Pendiri Wikileaks Mendapat Suaka di Ekuador

By Ibnu Azis / Published on Friday, 17 Aug 2012

Julian Assange

Setelah terkatung-katung selama menghadapi dakwaan hukum yang didera, Julian Assange akhirnya menemukan lokasi aman untuk ‘berlindung’. Ya, Ekuador memberikan suaka pada pendiri Wikileaks tersebut.

Julian Assange saat ini tengah berjuang keras agar dirinya tidak diekstradisi ke Swedia. Bilamana hal tersebut terjadi, maka ia akan semakin dekat dengan pemerintah Amerika Serikat.

Pemberian suaka politik oleh pemerintah Ekuador sendiri terjadi setelah Julian Assange ‘berlindung’ di Kedutaan Ekuador di London pada 19 Juni silam.

Dikutip dari CNET News, Jumat (17/08/12), setelah bebas bersyarat selama 560 hari, Julian Assange kemudian ‘melarikan diri’ ke Kedutaan Ekuador lebih dari sebulan.

Kepolisian Metropolitan London berujar jika Julian Assange telah melanggar persyaratan jaminannya. Dan ia harus ditangkap dan segera meninggalkan kedutaan.

Namun kedutaan Ekuador melarang polisi London untuk masuk sebab mereka tak memiliki yuridikasi hukum melintasi wilayah Ekuador tanpa izin.

Pertanyaannya sekarang, sampai kapan Julian Assange harus mendekam di kedutaan, dan bagaimana dirinya bisa terbang ke Ekuador tanpa harus meninggalkan kedutaan?

Kasus Julian Assange sendiri mendapat perhatian serius dari Steve Wozniak. Salah sat pendiri Apple tersebut bahkan memberikan apresiasi tersendiri pada kebebasan internet.

Julian Assange sendiri terancam menghadapi hukuman mati atas kelakuannya dengan Wikileaks. Namun dengan sikap positif dari pemerintahan Ekuador, mungkinkah ia berhasil lolos?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda