Scroll to Top

Bendy, Robot Militer Ahli Kamuflase Terinspirasi Dari Gurita

By Ditya / Published on Friday, 17 Aug 2012

Bendy

Sebuah robot militer unik yang diberi nama Bendy ini memiliki kemampuan kamuflase dengan merubah warna tubuhnya menjadi mirip lingkungan sekitar. Pembuat robot berbentuk huruf X ini terinspirasi dari cumi-cumi dan gurita.

Robot Bendy ini didesain dan dikembangkan oleh peniliti dari Harvard University yang mengaku terinspirasi dengan kemampuan kamuflase gurita dan cumi-cumi dalam menciptakan robot ini.

“Ketika kami mulai bekerja pada robot lunak, kami terinspirasi oleh organisme lunak, termasuk gurita dan cumi-cumi,” kata Stepehen Morin, spesialis kimia dan biologi di Harvard University.

Bendy ini terbuat dari bahan mirip silikon sehingga badan robot ini kenyal mirip karet. Prototipe robot Bendy ini dapat bergerak merangkak, bersembunyi dengan kemampian kamuflasenya dan memiliki 4 kaki sepanjang 13 cm.

Sekilas robot Bendy ini seperti mainan anak yang lucu dan kenyal dan dapat bergerak merangkak menggunakan tekanan udara sehingga memungkinkan robot ini bergerak maju atau ke kiri dan ke kanan.

Robot dengan kemampuan unik ini diminati oleh Pentagon karena kaemampuan kamuflasenya yang cukup baik. Bendy terbuat dari bahan mirip silikon yang disebut sebagai squidgy atau polimer transparan.

Prototipe robot ini menggabungkan unsur mirip silikon transparan dengan saluran mikroskopis yang akan memompa cairan yang mewarnai robot ini sesuai dengan lingkungan sekitar.

Cairan yang mewarnai robot ini dipanaskan dan didinginkan ke dalam sebuah microchannel, sehingga robot ini dapat bersembunyi dari kamera inframerah dan sensor suhu.

“Salah satu karakteristik menarik dari hewan ini adalah kemampuan mereka untuk mengontrol penampilan mereka, dan yang mengilhami kita untuk mengambil ide ini lebih lanjut dan mengeksplorasi pewarnaan dinamis pada Bendy,” tambah Stephen Morin.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (17/08/2012), proyek ini didukung oleh Departemen Energi AS dan Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA) milik Pentagon, yang mendukung penelitian ke dalam teknologi yang inovatif dengan potensi militer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda