Scroll to Top

Tuluskah Ucapan Ulang Tahun di Facebook?

By Melissa / Published on Wednesday, 03 Aug 2011

selamat-ulang-tahun-facebookHampir semua wall di Facebook dipenuhi dengan ucapan ulang tahun ketika sang pemilik akun sedang merayakan hari bahagianya. Ketika pertama kali login ke Facebook, atau bahkan melalui alarm telepon jika kita menghubungkan telepon kita dengan akun Facebook, kita akan langsung diingatkan bahwa ada teman kita yang sedang berulang tahun hari itu.

Dikutip dari AllFacebook, seorang editor dari Slate bernama David Plotz mempertanyakan ketulusan di balik ucapan ulang tahun di Facebook. Untuk menguji keraguannya, ia membuat tiga tanggal ulang tahun yang berbeda di bulan Juli untuk melihat apa yang akan terjadi.

Plotz yang sebenarnya berulang tahun tanggal 31 Januari, mengubah hari ulang tahunnya menjadi tanggal 11 Juli. Kemudian ia menggantinya lagi menjadi hari Senin, tanggal 25 Juli, lalu terakhir ia mengubahnya lagi menjadi hari Kamis, tanggal 28 Juli.

Ia menemukan bahwa 119 orang mengucapkan selamat ulang tahun padanya tanggal 11 Juli, diikuti dengan 105 orang pada tanggal 25 Juli, dan hanya 9 orang dari 105 orang tersebut yang menyadari bahwa ia sudah berulang tahun lagi hanya dalam jarak waktu 2 minggu.

Beberapa orang sepertinya menyadari tindakan Plotz pada tanggal 28 Juli, ketika Plotz hanya menerima 71 ucapan ulang tahun. 16 temannya mulai merasa ada sesuatu yang aneh. Bahkan 30 dari 71 temannya ini sudah pernah mengucapkan selamat ulang tahun pada salah satu dari kedua tanggal palsu yang sebelumnya ditulis Plotz.

Melalui e-mailnya kepada staf public relation di Slate, Plotz menyatakan bahwa ia menganggap ucapan ulang tahun di Facebook adalah sesuatu yang “palsu, otomatis dan mengolok-olok semua orang terhubung di dalamnya”.

Dari 1557 teman Plotz yang kebanyakan adalah kenalan online dari Slate, hanya sekitar 100 orang yang sungguh-sungguh mengucapkan selamat ulang tahun padanya.

Ia menyimpulkan:

Eksperimen ulang tahun palsu di Facebook akhirnya mengonfirmasi ketakutan saya mengenai Facebook. Banyak pengguna Facebook yang jelas-jelas menggunakan layanan ini ‘tanpa perasaan’, dan hanya ingin menumpuk ‘pertemanan’ dengan ucapan ulang tahun di mana mereka tidak mengetahui kapan sebenarnya Anda berulang tahun.

Menurut Anda, seberapa tuluskah ucapan ulang tahun melalui Facebook? Atau Anda setuju dengan pendapat Plotz?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda