Scroll to Top

Google Luncurkan Smart App Update Untuk Aplikasi Android

By Ditya / Published on Friday, 17 Aug 2012

google play

Google telah meluncurkan fitur baru yang mengusung nama Smart App Update di toko aplikasi Android, Google Play, yang menjanjikan penghematan bandwidth dan waktu untuk pengguna yang meng-update atau mkemperbarui aplikasi.

Raksasa internet ini menjanjikan sebuah fitur baru yang awalnya disebut delta update pada saat ajang I/O Developer Converence awal tahun lalu dan rencananya, fitur ini akan didukung oleh Android versi 2.3 Gingerbread keatas.

Kini Google menepati janjinya dengan meluncurkan fitur delta update yang dijanjikan dulu dengan nama Smart App Update. Fitur ini menjanjikan penghematan bandwith internet dan waktu pengguna saat melakukan update atau pembaruan aplikasi.

Smart App Update ini menawarkan penghematan bandwidth dan waktu, apa rahasianya? Rahasianya, pengguna yang akan melakukan pembaruan atau update aplikasi tidak perlu men-download aplikasi seutuhnya, tapi hanya bagian yang berubah saja yang di-download, tentu hal ini menjanjikan penghematan bandwidth internet yang cukup signifikan.

Insinyur Google mengatakan bahwa penerapan fitur Smart App Update ini nantinya akan mempercepat pengguna untuk memperbarui aplikasi, karena Smart App Update ini hanya berukuran sepertiga dari ukuran installer aplikasi.

Sebagai contoh, sebuah aplikasi pembaca dokumen PDF dengan nama ezPDF ini berukuran sekitar 6,3 MB, ketika muncul versi baru, pengguna tidak perlu men-download utuh installer ezPDF yang berukuran 6,3 MB, tapi cukup download file update-nya saja yang berukuran kurang dari 3 MB.

Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi Instagram, pengguna hanya perlu men-download file update-nya yang berukuran 3MB untuk memperbarui versi yang terinstall, tidak perlu mengunduh aplikasi secara penuh yang berukuran sekitar 13 MB.

Sepeerti yang dilansir dari TechCrunch dan CNET (16/08/2012), Smart App Update ini tidak hanya berlaku untuk aplikasi saja, tapi juga game. Anda penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda