Scroll to Top

Grup Musik Religi Islami Tersukses di Indonesia (1), Nasida Ria

By Aditya / Published on Friday, 17 Aug 2012

Album Religi

Bulan suci Ramadhan sebentar lagi usai, dan segera disusul dengan gegap-gempita Hari Raya Idul Fitri. Selama bulan Ramadhan, tentunya kita sering mendengar lantunan lagu-lagu religi, demikian pula ketika memasuki bulan Syawal atau saat Lebaran tiba. Tembang-tembang rohani bernuansa Islami masih akan mengiringi hari-hari umat muslim di Indonesia.

Beberapa tahun terakhir, belantika musik tanah air diramaikan oleh banyak pilihan lagu religi menjelang bulan Ramadhan. Sejarah musik di tanah air juga mencatat ada jajaran grup musik religi yang bisa dikatakan paling sukses. Inilah grup musik religi Islami tersukses di Indonesia pilihan Sidominews: Nasida Ria, Bimbo, Soneta, GIGI, Ungu, dan Wali.

Nasida Ria
Nasida Ria, Pelopor Musik Qasidah Modern di Indonesia

Umat muslim di Indonesia pastinya tidak asing dengan lagu-lagu qasidah semacam Jilbab Putih, Suasana di Kota Santri, Perdamaian, Tahun Dua Ribu, dan masih banyak lagi. Adalah grup musik Nasida Ria yang mempopulerkan tembang-tembang legendaris tersebut.

Nasida Ria adalah salah satu kelompok musik pelopor qasidah modern di Indonesia yang dibentuk pada 1975. Di masa awal berdirinya, Nasida Ria beranggotakan 9 perempuan, yaitu Mudrikah Zain, Mutoharoh, Rien Jamain, Umi Kholifah, Musyarofah, Nunung, Alfiyah, Kudriyah, dan Nur Ain.

Para anggota Nasida Ria tersebut diasuh oleh Haji Mudrikah Zain, seorang tokoh pesantren di Semarang. Seiring perjalanan waktu, Nasida Ria pun beberapa kali mengalami pergantian atau penambahan personel.

Nasida Ria
Koleksi Album Musik Religi Karya Nasida Ria

Di era 1970 hingga 1990-an, Nasida Ria sangat populer, bahkan hingga ke luar negeri. Mereka pernah konser di Malaysia dan dua kali diundang ke Jerman untuk memeriahkan Die Garten des Islam (Pameran Budaya Islam) dan Festival Heimatklange. Bahwa Nasida Ria telah menjadi salah satu legenda dalam sejarah musik religi di Indonesia mungkin benar adanya.

Seri Lengkap Grup Musik Religi Tersukses di Indonesia:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda