Scroll to Top

Tips Menjaga Fungsi Roda Mobil Saat Mudik

By Ilham Choirul / Published on Friday, 17 Aug 2012

roda

Akhir pekan ini diperkirakan menjadi puncak dari arus mudik lebaran tahun ini. Pasalnya, lebaran diperkirakan tinggal dua hari lagi dan banyak instansi yang sudah libur cuti hari raya. Banyak pilihan transportasi umum untuk mudik. Namun, tidak sedikit pula yang memilih menggunakan mobil pribadi untuk menuju kampung halaman.

Kalau Anda salah satunya, maka periksa dulu kesehatan mobil agar dipastikan dalam kondisi prima. Terkait urusan ban atau roda, dikutip Media Indonesia, cobalah perhatikan lima hal ini agar perjalanan mudik lancar hingga ke tempat tujuan:

  1. Pastikan ketebalan kembangan ban mobil Anda masih di atas 1,6 mm. Semakin halus kembangan ban, berisiko menyebabkan roda tergelincir atau selip. Lebih baik ganti dulu ban Anda jika kembangan menipis sebelum dipakai mudik. Untuk mengeceknya ketebalan kembangan ban, lihat tanda tread wear indicator (TWI) yang ada di dalam kembangan ban. Posisinya biasa ditunjukkan dengan tanda segitiga pada sisi dekat kembangan ban.
  2. Sesuaikan tekanan ban menurut buku manual kendaraan Anda. Kadang juga ditemukan keterangan tekanan ban pada penutup bahan bakar atau di sekitar pintu sebelah dalam. Gunakan tekanan ban yang ideal. Jika ban terlalu tinggi tekanannya, memeprcepat kembangan ban bagian tengah cepat aus, ban kurang menapak di aspal, dan kurang nyaman. Sementara kalau kurang angin, ban jadi gampang pecah, boros bahan bakar, dan mudah panas hingga terjadi pecah ban.
  3. Jaga spooring dan balancing. Mobil perlu dikalibrasi keselarasan sudut-sudut roda secara berkala. Biasanya setiap 10.000 kilometer perlu kalibrasi ulang. Fungsinya agar terjadi peningkatan efisiensi bahan bakar, ban lebih awet, dan mudah dalam mengendalikan kendaraan karena roda-roda selaras.
  4. Cek pula mur dan baut roda mobil Anda. Pastikan semuanya kencang. Bawa pula ban cadangan dan pastikan kondisi masih laik untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda