Share

Album Religi

Selain Nasida Ria, grup musik religi Islam tersukses di Indonesia adalah Bimbo. Ya, 4 bersaudara Samsudin Hardjakusumah (Sam), Darmawan Hardjakusumah (Acil), Jaka Purnama Hardjakusumah (Jaka), dan si bontot Iin Parlina Hardjakusumah (Iin), ini banyak menelurkan tembang-tembang Islami yang masih abadi hingga ini.

Lagu-lagu religi legendaris semacam Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya, Sajadah Panjang, Rindu Kami Padamu, Tuhan, dan lain-lain tentunya masih akrab di telinga kita, apalagi ketika bulan Ramadhan dan perayaan hari-hari besar Islam.

Bimbo
Empat Bersaudara Bimbo

Grup musik Bimbo sejatinya sudah beredar sejak tahun 1967. Berawal dari Bandung, Bimbo bersaudara sebenarnya pada mulanya mengusung jenis musik pop. Jajaran tembang pop melankolis mereka pun cukup dikenal di era terdahulu, seperti Melati Dari Jayagiri, Semalam di Malaysia, Flamboyan, atau Melati Putih.

Bahkan, Bimbo pernah menghasilkan lagu-lagu bernada kritik sosial yang cukup garang. Kala itu, yakni di era 1970 hingga 1980-an, Sam dan adik-adiknya mengaku mencomot pengaruh dari legenda rock dunia, Queen.

Koleksi Album Bimbo
Koleksi Album Bimbo

Bimbo mulai berubah haluan menjadi grup musik religi ketika bertemu dengan sastrawan terkenal, Taufik Ismail. Sang penyair besar inilah yang berperan besar membentuk citra Bimbo sebagai pengusung tembang-tembang Islami dengan menciptakan lirik-lirik lagu bernuansa rohani.

Lagu-lagu religi ciptaan Taufik Ismail ternyata mampu dibawakan dengan sangat pas oleh Bimbo. Alhasil, sejak saat itu, Bimbo pun menjelma menjadi ikon musik Islami di jagat irama tanah air. Album-album rohani mereka laris manis di pasaran dan mengabadi. Bimbo sendiri masih tetap konsisten di jalur musik religi dan masih eksis hingga kini.

Seri Lengkap Grup Musik Religi Tersukses di Indonesia: