Scroll to Top

Liga Spanyol: Fans Athletic Bilbao Mengusir Fernando Llorente dan Javi Martinez

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 18 Aug 2012

Athletic Bilbao

Fernando Llorente dan Javi Martinez bukan tidak mungkin akan pindah dalam bursa transfer pemain Athletic Bilbao 2012. Llorente tidak memperpanjang kontrak dan tengah didekati klub-klub elite Eropa, sedang Javi Martinez terus merapat ke Bayern Muenchen. Menanggapi kenyataan ini, fans Rojiblancos, julukan Athletic, tidak tinggal diam. Mereka memasang spanduk dan meneriakkan ucapan yang ‘mengusir’ dua pemain tersebut dari Athletic.

Bermain di Athletic adalah kebanggaan. Klub yang tidak pernah membeli pemain kecuali yang berdarah Basque ini, dikenal karena loyalitas dan semangat pantang menyerah mereka. Posisi di La Liga mungkin hanya berada di papan tengah. Namun, jangan pernah bertanya, dukungan rakyat Basque terhadap klub kesayangan mereka setiap kali berlaga di San Mames.

Namun, bermain di Athletic juga menjadi dilema. Dengan skuad yang ada saat ini, berbicara meraih gelar adalah sesuatu yang hampir mustahil. Di Liga Spanyol, ada sekian klub yang unggul materi pemain dengan strategi belanja pemain-pemain internasional. Maka, pemain bintang Athletic, sehebat apa pun, akan kesulitan untuk meraup gelar La Liga atau mencicipi Liga Champions.

Fernando Llorente yang ingin tampil di Liga Champions, tak bisa lagi menyembunyikan ketertarikannya ke kompetisi elite Eropa itu. Ia tak memperpanjang kontrak dan membuat banyak klub berencana meminangnya. Sementara, harga mahal Javi Martinez tak membuat Bayern Muenchen berkeringat. Mereka bersiap memboyong kapten Spanyol di Olimpiade 2012.

Javi Martinez 2

Hal ini tak bisa diterima begitu saja oleh 20 fans Athletic. Bagi mereka, pemain yang hendak pergi dari kubu San Mames, layaknya pengkhianat.

Maka, dalam sesi latihan di Lezema kemarin, segelintir fans ini membentangkan spanduk yang bertuliskan, “Tentara bayaran (julukan bagi para pemain yang berlaga hanya untuk uang), silakan keluar!”. Di samping itu fans ini juga berteriak pedas “Anda tak layak mengenakan kostum Athletic!” “Athletic tanpa tentara bayaran!” hingga “Llorente, pergilah sekarang juga!”.

Di satu sisi, ini adalah bukti kecintaan fans terhadap klub; yang menjadi simbol kebanggaan Basque. Namun di sisi lain, Fernando Llorente dan Javi Martinez tentu berhak menentukan masa depan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda