Scroll to Top

Ibu Depresi Dapat Mengganggu Tumbuh Kembang Anak

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 03 Aug 2011

Bagi para ibu, perhatikan selalu kesehatan mental Anda. Jangan biarkan depresi selalu menghinggapi kepala. Karena, depresi dapat mengganggu tumbuh kembang anak Anda.

Beberapa akibat buruknya perkembangan anak adalah rendahnya daya serap keilmuan, masalah tinggi badan, rendahnya produktivitas, dan tingginya resiko terkena penyakit. Menurut penelitian yang dilakukan WHO, depresi yang dialami oleh seorang ibu banyak ditemukan di negara berkembang.

“Ibu depresi dikaitkan dengan kurangnya pengasuhan responsif¬† dan kemungkinan durasi menyusui yang menyusui,” kata Pamela Surkan dari Sekolah Johns Hopkins Bloomberg of Public Health, sebagaimana dikutip Reuters.

Sekitar 15-47 persen, penyebab depresi di negara berkembang disebabkan oleh kemiskinan, konflik pernikahan, kekerasan, dan kurangnya kontrol sumber daya ekonomi. Dan, ibu yang depresi, memiliki resiko penurunan berat badan 40 persen lebih besar dari para ibu yang bisa menjaga kesehatan mentalnya.

Hubungan depresi ibu dengan tumbuh kembang anak ini bisa dicegah. Dukungan sosial dari keluarga dan masyarakat terhadap peran ibu diyakini mampu mengurangi tingkat stres. Baik buruknya kondisi mental seorang ibu, berbanding lurus pada perkembangan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda