Scroll to Top

5 Keunggulan Twitter vs Google Plus

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 03 Aug 2011

Dunia maya masih menggaungkan nama Google Plus yang digadang-gadang akan melebihi kepopuleran Twitter atau bahkan Facebook yang eksis dengan 750 juta penggunanya.

Walaupun masih dalam project beta, platform sosial media milik search engine terbesar Google bahkan sudah memiliki 20 juta lebih pengguna hanya dalam waktu satu setengah bulan saja.

Akan tetapi, masih ada saja beberapa kekurangan-kekurangan kecil (jika tidak ingin dibilang cukup signifikan), jika kita bandingkan dengan Twitter.

Berikut 5 keunggulan Twitter jika dibandingkan dengan Google Plus seperti yang dikutip dari Sexysocialmedia:

1.    Search konten dalam Twitter
Sebagai pemilik situs search engine terbesar, seharusnya Google juga mengaplikasikannya dalam platform sosial medianya. Bahkan untuk search konten di Google Plus saja kita harus membuka window/situs baru seperti gplussearch.com. Sedangkan di Twitter, pada window yang sama Anda bisa mencari pengguna Twitter lain, dan juga konten atau topic yang Anda inginkan.

2.    Teman dalam Google Plus maksimal 5000
Jika hanya bisa menambahkan hingga maksimal 5000 teman dalam Circle, apa bedanya dengan Facebook? Berbeda jika dibandingkan dengan Twitter yang tidak membatasi jumlah follower Anda, maupun jumlah yang Anda follow. Memang, pembatasan ini untuk melindungi penggunanya dari akun-akun spam. Akan tetapi bagi Anda Power User Google Plus, hal ini tentu kurang menggembirakan bukan?

3.    Google Plus lebih mirip Facebook
Karakteristik penulisan posting atau sharing antara Google Plus dan Facebook sangat mirip. Tidak ada pembatasan karakter yang memungkinkan seseorang bahkan menulis blog atau bahkan novel di postingnya. Hal itu lah yang membuat ramai dibicarakan bahwa Google Plus pesaing terberat Facebook. Tapi tidak dengan Twitter, karena Twitter punya ciri khas sendiri yang membuatnya unik dan memiliki pengguna setia.

4.    Google Plus kurang social media friendly
Dengan bertambahnya platform sosial media baru, bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan dalam sehari untuk meng-update status yang sama di tiap platform yang berbeda-beda. Facebook dan Twitter masih ada kolaborasinya, hingga cukup sekali klik, posting kita bisa ter-share di 2 platform tersebut secara bersamaan. Anda akan menemukan hal yang sama pada Tumblr. Akan tetapi Google Plus sampai saat ini tampaknya masih eksklusif. Seharusnya Google Plus bisa lebih social media friendly.

5.    Belum bisnis friendly
Memang hingga saat ini Google Plus belum memperbolehkan bisnis atau brand untuk membuat profil di platformnya. Akan tetapi dengan jumlah pengguna yang sudah mencapai 20 juta lebih, seharusnya Google Plus cepat-cepat mengambil peluang pasar ini, sebelum peminatnya mulai menurun. Jika dibandingkan dengan Twitter apalagi Facebook, Google Plus masih belum optimal memanfaat momentnya.

Bagaimana dengan Anda? Twitterati atau Power User?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda