Scroll to Top

Facebook Dijalankan Oleh 180.900 Server!

By Ditya / Published on Saturday, 18 Aug 2012

Asia Pasifik Sumbang 25% Total Pengguna FB

Tahukah Anda? Raksasa jejaring sosial Facebook yang memiliki anggota hampir 1 milyar ini dijalankan oleh server yang berjumlah sekitar 180.900 buah dengan konsumsi daya 509 juta kilowatt, wow!

Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg saat ini memang sedang lesu, nilai sahamnya anjlok hingga dibawah USD $20, diluar masalah saham dan nilai aset, jumlah pengguna Facebook tetap terus tumbuh.

Situs jejaring sosial terbesar saat ini, Facebook, saat ini mengakomodasi hampir 1 miliar pengguna, hal ini diperlukan server yang powerfull untuk menghindari masalah over capacity.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware kemarin (17/08/2012), raksasa jejaring sosial ini juga terus menambah jumlah servernya untuk mengimbangi pertumbuhan jumlah pengguna dan juga data pengguna yang semakin besar.

Meski tidak ada informasi yang jelas dari Facebook mengenai perhitungan yang tepat, namun Facebook mengungkapkan daya yang digunakan Facebook. Menurut perusahaan, Facebook mengkonsumsi daya listrik hingga 509 juta megawatt.

Jumlah server Facebook juga terus mengalami pertumbuhan yang menakjubkan. Menurut James Hamilton dari Facebook mengungkapkan,  Facebook diperkirakan menjalankan sekitar 30.000 server pada Oktober 2009 dan berkembang menjadi 60.000 server pada bulan Juni 2010.

James Hamilton juga menambahkan bahwa saat ini memang tidak jelas berapa jumlah total server yang digunakan untuk menjalankan situs jejaring sosial Facebook, namun ia juga mengatakan jika tiap server mengkonsumsi daya 300W, maka diperkirakan Facebook dijalankan server sebanyak 180.900.

Jika tiap server Facebook hanya mengkonsumsi daya sekitar 250W, maka perusahaan ini dapat menjalankan sekitar 217.080 server.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda