Scroll to Top

Kominfo: Kurangi Broadcast Message BBM Kala Lebaran

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 18 Aug 2012

BBM Blackberry

Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika menghimbau masyarakat pengguna Blackberry agar mengurangi berkirim broadcast message BBM secara berlebih di saat lebaran. Mengapa mereka menghimbau demikian?

Kominfo memrediksi akan terjadi lonjakan yang sangat signifikan dalam penggunaan telekomunikasi saat menjelang lebaran.

“Pada saat lebaran, H-1 hingga H+1, diperkirakan akan ada 4 miliar SMS yang akan saling terkirim di seluruh penyelenggara telekomunikasi di Indonesia,” ujar Gatot S Dewabroto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo, seperti dikutip dari Detik, Sabtu (18/08/12).

Kemudian ia menambahkan, itu belum termasuk layanan yang dikirim melalui MMS, BBM, hingga WhatsApp Messenger yang akan meningkat hingga 95 juta atau mengalami kenaikan hingga 270%.

Dalam tiga hari menjelang lebaran (H-1, lebaran, dan H+1), akan terjadi 2.499.300.000 menit pembicaraan pada saat yang bersamaan oleh jutaan pengguna layanan telekomunikasi.

Dengan demikian Kominfo menghimbau pada pelangan agar berefisien dalam mengantisipasi waktu dan kuantitas data yang dikirimkan.

Maka meski berkirim broadcast message dibebaskan, namun alangkah bijaknya untuk mengurangi aktivitas tersebut. Sebab bisa saja akan terjadi hang.

Peyelenggara komunikasi pun dihimbau oleh Kominfo untuk menyiagakan call center secara aktif bukan sekadar machine.

Call center ini nantinya akan memberikan informasi yang aktif, persuasif, komunikatif, dan informatif pada pelanggan bilamana ada keluhan yang diajukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda