Scroll to Top

Tablet Microsoft Surface Akan Diproduksi 3 Juta Unit Lebih

By Ditya / Published on Saturday, 18 Aug 2012

Surface Black

Microsoft tampaknya tidak main-main untuk bertarung di pasar tablet, bahkan seorang peneliti pasar dari IDC mengatakan bahwa sedikitnya 3 juta buah tablet Surface akan diproduksi untuk bersaing di pasar tablet kelas USD $199.

Tablet Surface yang dimaksud adalah tablet Surface versi Windows RT yang ditenagai oleh prosesor ARM yang kemungkinan besar adalah Nvidia Tegra 3. Harga tablet ini awalnya diproyeksikan sekitar USD $599 dan kini santer terdengar kabar bahwa tablet Surface Windows RT hanya dijual seharga $199 atau sekitar Rp. 2 jutaan saja.

Analis dari IDC, Bob O’Donnell memperkirakan bahwa Microsoft akan memproduksi tablet Surface versi Windows 8 Pro maupun Windows RT sebanyak 3 juta unit lebih, sebuah angka yang cukup besar. Sebagai perbandingan, Google Nexus 7 juga telah diproduksi sekitar 3 juta unit.

“Baik Surface Intel x86 maupun ARM Windows RT mungkin akan diproduksi sedikit diatas 3 juta. Jika mereka hanya memproduksi 1 juta unit, mereka tidak akan bisa hanya menjualnya melalu Microsoft Store saja,” kata Bob O’Donnell, Analis IDC.

Apakah perbedaan mendasar dari sistem operasi Windows 8 Pro dengan Windows RT? Selain perbedaan arsitektur, Windows RT memiliki keterbatasan tidak dapat menjalankan software Windows versi lama. Windows 8 Pro memiliki kemampuan untuk menjalankan software lawas.

Meski demikian, Windows RT memiliki kelebihan dengan dibundelnya software Microsoft Office 2013 RT, sehingga pengguna tidak perlu membeli lisensi software Office lagi.

Seperti yang dilansir dari CNET (17/08/2012), angka 3 juta unit bukanlah angka yang kecil, mengingat saat ini Google Nexus 7 saja baru mencapai 3 juta unit. Microsoft diperkirakan menggantungkan harapan yang tinggi terhadap penjualan tablet Surface Windows RT.

Bob O’Donnell juga menambahkan Microsoft bisa saja menawarkan harga tablet Surface Windows RT dengan harga USD $199 dengan embel-embel berlangganan paket tertentu, seperti yang dilakukan Microsoft terhadap Xbox 360 yang dijual seharga USD $99 dengan bundel paket berlangganan.

Jika memang tablet Surface Windows RT dijual seharga USD $199, maka kehadirannya akan menjadi musuh baru bagi Google Nexus 7, Amazon Kindle Fire dan menyusul Apple iPad Mini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda