Scroll to Top

Rhoma Irama & Soneta (3), Berdakwah Lewat Alunan Musik Dangdut

By Aditya / Published on Saturday, 18 Aug 2012

Album Religi

Setelah sebelumnya Sidominews mengupas tentang Nasida Ria dan Bimbo, kali ini giliran Rhoma Irama dan grupnya, Soneta, yang akan dibahas sebagai salah satu grup musik religi Islami tersukses di Indonesia. Hingga kini, baik Rhoma Irama maupun Soneta masih tetap eksis meramaikan khasanah musik tanah air.

Berdirinya Soneta tentunya tidak dapat dipisahkan dari andil sang leader, Rhoma Irama. Musisi senior berjuluk Raja Dangdut ini  sebenarnya sudah tenar sebelum mendirikan Soneta.

Rhoma Irama
Rhoma Irama, Sang Pemimpin Soneta

Setelah mengalami proses panjang sejak tahun 1963, di mana Rhoma Irama beberapa kali menggawangi grup musik namun selalu kandas, akhirnya tepat pada tanggal 13 Oktober 1973, nama Soneta Group mulai dikibarkan. Sebelum bernama Soneta Group, kelompok musik dangdut ini mengusung nama OM (Orkes Melayu) Soneta.

Selain sebagai pelaku hiburan, Soneta juga mengusung misi syiar Islam. Banyak lagu bernuansa religi yang dibawakan Soneta, sebut saja Perjuangan dan Doa, Insya Allah, Doa Suci, Hari Kiamat, Kerudung Putih, Sholawat Badar, Alqur’an dan Koran, Shaleha, Mirasantika, Nafsu Serakah, Neraka Jahanam, Nyanyian Setan, Sorga Dunia, dan lain-lain.

Soneta Group, Rhoma Irama

Namun, banyak pula tembang dangdut lainnya yang sukses dipopulerkan oleh Rhoma Irama dan Soneta-nya, seperti 135 Juta, Ani, Darah Muda, Dangdut Terajana, Begadang, Berdendang, Gitar Tua, Helo-Helo, Judi, Mari-Mari, Malam Terakhir, dan masih banyak lagi.

Rhoma Irama dan Soneta pun punya ciri khusus setiap mereka beraksi di panggung. Dengan pakaian yang serupa serta gerakan khas yang kompak, Soneta pun selalu sukses menghibur sekaligus memberi pencerahan kepada para penggemarnya. Tak jarang, Rhoma Irama pun tampil ke muka untuk menyampaikan dakwah sebelum atau setelah memainkan lagu.

Soneta Konser
Soneta Group, Syiar Islam Lewat Dangdut

Bersama Soneta, Rhoma Irama telah menelurkan puluhan album sejak tahun 1973. Nyaris saban tahun Soneta dengan konsisten mengeluarkan karya rekaman mereka selain menggelar konser di berbagai tempat. Lagu-lagu Soneta pun masih kekal hingga kini.

Selain itu, Soneta juga memiliki basis massa yang sangat banyak, tersebar di seluruh penjuru tanah air, dan masih fanatik sampai detik ini.

Seri Lengkap Grup Musik Religi Tersukses di Indonesia:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda