Scroll to Top

Bursa Transfer Pemain Barcelona 2012: Alex Song Milik El Barca

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 19 Aug 2012

Alex Song 2

Alex Song akhirnya resmi menjadi milik Barcelona. Gelandang bertahan Arsenal ini menjadi rekrutan kedua El Barca dalam bursa transfer pemain 2012. Song dibeli dengan harga 19 juta Euro dan akan dikontrak selama lima tahun ke depan, hingga tahun 2017.

Setelah mendapatkan Jordi Alba, bek Valencia, pada akhir Mei 2012 lalu, kini Barcelona kembali memperoleh tambahan skuad, yaitu seorang Alex Song.

Gelandang bertahan asal Kamerun, tampil gemilang sepanjang musim lalu bersama Arsenal. Dan, The Gunners untuk kesekian kalinya menjual pemainnya ke klub Catalan. Sebelumnya sudah ada Marc Overmars, Emmanuel Petit, Thierry Henry, Alexander Hleb, dan Cesc Fabregas yang mendahului Song, pindah dari Arsenal ke El Barca.

Alex Song

Dalam beberapa tahun terakhir, Arsenal memiliki kebijakan transfer yang unik. Disebut demikian karena biasanya Arsene Wenger ‘dipaksa’ oleh petinggi klub untuk menghasilkan keuntungan dalam jual-beli pemain.

Musim ini, agak di luar kebiasaan, The Gunners membelanjakan 40,2 juta poundsterling untuk tiga pemain. Lukas Podolski, Oliver Giroud, dan Santi Cazorla menjadi nama-nama tenar yang menjawab kegelisahan para fans selama ini.

Namun, pembelian ini kemudian diimbangi dengan penjualan Robin Van Persie ke Manchester United dengan nilai 24 juta poundsterling. Lalu, dengan dilegonya Alex Song ke Barcelona sebesar 19 juta Euro atau setara dengan 15 juta poundsterling, pada akhirnya Arsenal sukses membuat harga pembelian mereka sejajar dengan harga penjualan pemain.

Bicara Song sendiri, tujuh tahun bersama Arsenal, gelandang Kamerun telah membuktikan segalanya. Kesolidannya dalam bertahan dan jago duel udara, membuat Barcelona terpikat olehnya.

Satu yang tak boleh dilupakan, dahulu Song memulai karier sebagai bek tengah sebelum menjadi gelandang jangkar. Dan di Barcelona, bukan tidak mungkin Song akan dijadikan sebagai ‘Javier Mascherano kedua'; atau kembali ke posisi awalnya. Siapa yang tahu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda