Scroll to Top

Lagi, Kejahatan Karena Efek Facebook

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 03 Aug 2011

Nama Facebook kembali tercoreng karena ulah segelintir orang. Jika beberapa saat yang lalu diberitakan pemerintahan Malaysia menganggap efek Facebook berakibat menyebabkan perceraian, kali ini masih di negara yang sama telah terjadi pembunuhan yang menyangkutpautkan Facebook di berita acaranya.

Seperti dikuti dari AFP pada hari Selasa (2/8), yang memberitakan bahwa dua orang telah ditangkap karena membunuh setelah sebelumnya terlibat perkelahian sengit dengan seorang pemuda.

Adalah Mohamad Amran Romli, 20 tahun, yang meninggal di salah satu rumah sakit di Malaysia pada hari Jumat yang lalu setelah mengalami luka parah di bagian kepala. Pelakunya adalah 2 orang laki-laki yang merupakan kakak dari seorang gadis yang dikenalnya melalui Facebook.

Dimulai dari perkenalannya di Facebook, hubungan keduanya mulai serius. Akan tetapi, karena satu hal, hubungan mereka menjadi renggang, dan Romli memutuskan untuk melancarkan beberapa serangan tertulis via akun Faceook sang wanita ini. Dan ternyata tidak cukup sampai situ saja, bahkan Romli sampai menjelek-jelekkan keluarga wanita ini secara online.

Tidak terima dengan perlakuan yang diterimanya, wanita ini – yang tidak disebutkan namanya – melapor kepada kedua kakak laki-lakinya. Merasa tersinggung, mereka mengancam untuk bertemu dengan Romli di belakang sebuah supermarket setempat. Romli pun datang memenuhi ancaman mereka. Adu mulut hingga perkelahian pun tidak dapat dihindarkan. Dan akhirnya Romli yang kalah jumlah harus menyerah pada kematian.

Sayang sekali memang jika kecanggihan teknologi hanya dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak pada tempatnya. Akan lebih baik jika pengguna semua jejaring sosial dapat lebih bijaksana dalam menyikapi teknologi yang memungkinkan keterbukaan informasi maupun interaksi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda