Scroll to Top

Fabrice Olinga, Penyerang Malaga, Pencetak Gol Termuda Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 19 Aug 2012

Fabrice Olinga

Fabrice Olinga, penyerang muda Malaga yang mencetak 1 gol kemenangan dalam pertandingan Celta Vigo vs Malaga, tercatat sebagai pencetak gol termuda Liga Spanyol sepanjang sejarah. Olinga mengalahkan nama-nama top seperti Iker Muniain (Athletic Bilbao) dan Bojan Krkic (mantan penyerang Barcelona).

Balaidos, markas Celta Vigo, menjadi saksi pecahnya sebuah rekor di Liga Spanyol. Bukan masalah Celta yang takluk oleh gol di menit 84, melainkan sosok Fabrice Olinga. Penyerang Malaga asal Kamerun sukses membukukan catatan sebagai pencetak gol termuda di La Liga. Ia mampu mengoyak gawang lawan pada usia 16 tahun 98 hari.

Fabrice mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh dewa kecil Athletic Bilbao, Iker Muniain. Ya, musim 2009-10, tepatnya pada 4 Oktober 2009, Muniain mencetak gol perdananya di La Liga pada usia 16 tahun 289 hari. Muniain melakukannya dalam duel Bilbao menghadapi Real Valladolid yang berakhir dengan skor imbang 2-2.

Selain melewati rekor Muniain, Fabrice juga melewati catatan Xisco Nadal (Villarreal, 16 tahun 353 hari), Juan Mena (Valencia, 17 tahun 36 hari), dan Bojan Krkic (Barcelona, 17 tahun dan 53 hari).

Yang tak kalah menarik, Fabrice juga termasuk dalam sedikit orang yang mampu mencetak gol di dalam laga debutnya di La Liga. Ia bersanding dengan nama-nama seperti Sanson (1939), Irastorza (1934), Llano (1945), dan Branko Kubala (1965). Rekor Fabrice yang satu ini terbukti maut, karena catatan mencetak gol di partai debut, terhenti sejak 1960-an atau 47 tahun.

Ke depan, Fabrice yang datang ke Spanyol berkat Samuel Eto’o Foundation, bukan tidak mungkin akan menjadi sosok penting dalam sejarah La Liga. Ia bisa menjadikan Iker Muniain sebagai contoh. Di usia muda, Muniain sudah menjadi sosok tak tergantikan di Athletic Bilbao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda