Scroll to Top

MotoGP: Tiga Pembalap Terjatuh Karena Permukaan Sirkuit Licin?

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 19 Aug 2012

Stoner Crashed Indy 2012

Kualifikasi MotoGP Indianapolis Amerika berlangsung dramatis setelah tiga insiden kecelakaan hebat yang melibatkan tiga pembalap terjadi dan menyebabkan bendera merah harus dikibarkan dua kali sepanjang sesi.

Casey Stoner, Ben Spies, dan Nicky Hayden menjadi korban keganasan Sirkuit Indianapolis Motor Speedway, tempat diselenggarakannya lomba balap MotoGP seri ke-11.

Stoner menderita luka sobek pada ligamen setelah terlempar dari atas motornya ketika hendak keluar dari tikungan 13.

Hal serupa terjadi dengan Ben Spies yang harus mendarat ke gravel dengan punggungnya akibat terjatuh dari M1 miliknya. Beruntung Spies masih bisa melanjutkan sesi ini.

Sial bagi Nicky Hayden yang mau tidak mau absen dari seri Indianapolis usai mendapat perawatan akbat cedera serius yang ia dapatkan dari insiden kecelakaan di tempat yang sama seperti tempat jatuhnya Stoner dan Spies.

Hayden sempat tidak sadarkan diri sesaat setelah terjatuh dari Desmosidici GP12 miliknya. Namun saat hendak dibawa ke Ambulan, ia melambaikan tangan memberi tanda bahwa dirinya baik-baik saja.

Peraih posisi pole kualifikasi MotoGP Indianapolis Amerika, Dani Pedrosa, beranggapan bahwa banyaknya insiden kecelakaan yang mewarnai jalannya kualifikasi disebabkan oleh permukaan sirkuit yang licin.

“Ini sesi yang sulit”, terang Pedrosa. “Karena aspal sangat licin dan kita melihat banyak kecelakaan hebat terjadi di Moto3 dan kemudian di MotoGP.”

“Ini terlihat seperti anda bisa mengontrol slide, tetapi tiba-tiba ia menjadi cepat. Jadi tidaklah mudah menemukan batasannya. Mungkin ini yang menyebabkan banyak pembalap celaka.”

Meski menyayangkan hal tersebut, namun Pedrosa merasa beruntung tidak melihat adanya pembalap yang sampai terlempar ke pembatas.

“Tetapi beruntung, kita tidak melihat satu pun pembalap menabrak tembok atau menabrak pembalap lainnya. Jadi tidak adalah masalah keselamatan dengan bentuk lintasan.”

Walapun terjatuh, Casey Stoner berhasil finis di posisi enam kualifikasi. Ben Spies yang masih bisa melanjutkan sesi pada akhirnya finis di posisi empat.

Sementara Hayden dipastikan absen pada MotoGP Indianapolis Amerika musim ini.

Foto: MotoGP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda