Scroll to Top

Tito Vilanova Lebih Baik daripada Pep Guardiola dan Frank Rijkaard?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 20 Aug 2012

Tito-Vilanova

Di pertandingan debutnya di Liga Spanyol, Tito Vilanova sukses membawa Barcelona menumbangkan Real Sociedad dengan skor fantastis 5-1. Pencapaian ini lebih baik daripada yang didapatkan oleh Pep Guardiola dan Frank Rijkaard, dua pendahulu Tito.

Carles Puyol, Lionel Messi, Pedro Rodriguez, dan David Villa bergantian mencetak gol ke gawang Claudio Bravo demi membantu Barcelona membenamkan Real Sociedad 5-1.  Pasukan Tito Vilanova terlihat percaya diri dengan formasi 4-3-3 sekaligus memberikan kado indah untuk sang pelatih anyar untuk melalui partai debutnya dengan kemenangan telak.

Ya, kemenangan dengan skor besar di partai pertama menangani Barcelona di Liga Spanyol. Tak semua pelatih mampu melakukannya. Bahkan, Frank Rijkaard dan Pep Guardiola gagal menyamai catatan yang ditorehkan Tito.

Frank Rijkaard datang ke Barcelona pada awal era pemerintahan Joan Laporta, musim 2003-2004. Debutnya di La Liga terjadi pada 30 Agustus 2003. Kala itu, melawat ke kandang Athletic Bilbao, pasukan Rijkaard ‘cuma’ sukses memetik kemenangan 0-1 lewat gol tunggal Phillip Cocu (’11). Di ujung musim, Rijkaard membawa Barcelona finish di peringkat kedua di bawah Valencia.

Kalau Rijkaard memulai debut La Liga dengan kemenangan tipis, lain halnya dengan Pep Guardiola. Pelatih terbaik Barcelona sepanjang masa ini justru menderita kekalahan. Ya, Pep menangani El Barca sejak musim 2o08-2009. Di pertandingan pertamanya, Guardiola tak mampu menghindarkan klubnya dari kekalahan saat bertandang ke markas Numancia pada 31 Agustus 2008. Ketika itu, gol tunggal Mario Martinez Rubio (’13) membuat El Barca sempat berada di posisi 17 dari 20 peserta La Liga.

Bicara laga pertama di Liga Spanyol, Tito Vilanova terbukti lebih baik daripada dua pendahulunya. Namun, bicara hasil akhir di penghujung musim? Cuma waktu dan kerja keras Barcelona musim ini yang dapat menjawabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda