Scroll to Top

Sejak Tahun 2000, Delapan Pemain Arsenal Pindah Ke Barcelona

By Wan Faizal / Published on Monday, 20 Aug 2012

Alex Song-Barca

Alexandre Dimitri Song Billong atau yang biasa dikenal dengan nama Alex Song resmi pindah ke Barcelona setelah Arsenal menerima segepok uang berjumlah 15 juta pounds dari klub Catalan itu. Song pun mengikuti jejak delapan pendahulunya yang memutuskan hijrah ke Camp Nou dalam 12 tahun terakhir.

Dalam rentang waktu tersebut, acara boyongan pemain The Gunners ke El Barca dimulai oleh Emmanuel Petit dan Marc Overmars dalam waktu yang bersamaan. Petit dihargai 7 juta pounds, sementara Overmars dibanderol 25 juta pounds yang menjadikannya pemain termahal Belanda saat itu.

Giovanni van Bronckhorst menjadi lakon selanjutnya. Pada awal musim 2003-2004, ia dipinjamkan Arsenal ke Barcelona selama semusim dengan opsi pembelian pada akhir musim. Dan benar saja, ketika musim tersebut berakhir, pemain yang punya darah Indonesia itu menjadi pemain tetap Barca dengan harga 2 juta euro dan dikontrak selama tiga musim.

Berikutnya giliran Sylvinho yang meninggalkan Arsenal pada tahun 2001. Namun pemain Brazil tersebut bisa dijadikan pengecualian karena ia sempat mampir ke Celta Vigo sebelum pada akhirnya bermukim di Camp Nou pada 2004.

Thierry Henry

Setelah tak ada perpindahan pemain dari Arsenal ke Barca selama tiga musim, Arsene Wenger harus kehilangan Thierry Henry  yang melanjutkan “tradisi” tersebut. Henry yang kala itu menjabat kapten Arsenal ditebus Barca dengan 24 juta euro.

Setahun kemudian, Barca kembali menggelontorkan uang 15 juta euro untuk meminang Alexander Hleb. Sayang, karier Hleb di Barca tak mulus dan hanya bermain sebanyak 19 kali bersama Barca. Setelah sempat dipinjamkan ke VfB Stuttgart, Birmingham City, dan VfL Wolfsburg, Hleb kini bermain di Liga Belarusia bersama BATE Borisov.

Cesc Fabregas-Barca

Pada 2011, Cesc Fabregas yang saat itu menjabat kapten Arsenal memutuskan untuk “mudik” ke Barcelona yang merupakan tim yang mendidiknya bermain sepakbola sejak kecil. Cesc dihargai 29 juta euro plus berbagai tambahan yang mencapai 5 juta euro.

Well, siapa lagi yang akan kau jual ke Barca, Arsene?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda