Scroll to Top

Yuk Memaafkan Biar Jantung Lebih Sehat

By Ilham Choirul / Published on Monday, 20 Aug 2012

memaafkan

Memaafkan bukan hanya perbuatan terpuji. Sikap ini ternyata juga ditengarai menjadi media untuk sehat, terutama dapat menghindarkan diri dari serangan jantung hingga stroke. Penyebabnya adalah terjadi penurunan tingkat stres hingga berefek pada normalnya tekanan darah. Demikian menurut studi yang diakukan University of Caifornia di San Diego, Amerika Serikat.

Peneliti melibatkan 200 relawan dalam studi ini. Mereka disuruh untuk membuka kembali kenangan yang bisa membangkitkan emosi marah pada teman yang pernah menyinggung perasaannya. Setelah itu, mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk tetap marah dengan ingatan tidak mengenakkan itu. Sementara kelompok lain diminta untuk legowo memaafkan kesalahan orang lain yang membuatnya tersinggung itu.

Di akhir perintah, semua relawan diminta untuk berpikir kembali tentang situasi yang membuat mereka marah selama lima menit.  Semua relawan dipantau memakai kabel yang terhubung dengan monitor untuk diperiksa tekanan darah dan detak jantungnya.

Hasilnya, seperti dikutip Media Indonesia dari Zee News, ada peningkatan tekanan darah yang signfikan pada relawan yang hatinya terdapat emosi marah. Selama mereka belum bisa memaafkan atas rasa marah itu, tekanan darah mereka tetap tinggi meski di antara para relawan punya jumlah detak jantung yang tingkatnya sepadan. Namun, hal berbeda ditemukan pada relawan yang bisa memaafkan. Mereka memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah.

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu stimulus untuk meningkatnya risiko stroke dan serangan jantung. Risiko ini semakin tinggi bila seseorang juga memiliki kadar kolesterol LDL berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda