Scroll to Top

Pemerintah RRC Subsidi Penjualan Mobil Hybrid Hingga Rp 90 Juta

By Ilham Choirul / Published on Monday, 20 Aug 2012

mobil hybrid

Barangkali Pemerintah Indonesia bisa meniru sosialisasi mobil hybrid atau mungkin mobil listrik seperti yang dilakukan Pemerintah Republik Rakyat China (RRC). Di sana, mobil-mobil yang berfitur hybrid maupun bertenaga listrik murni mendapatkan subsidi penjualan yang cukup tinggi. Pemerintah RRC memang sedang menggalakkan warganya untuk lebih menggunakan mobil ramah lingkungan dibanding mobil yang murni memakai BBM.

Mau tau besaran subsidinya? Untuk tipe mobil listrik murni, pembeli bisa mendapatkan diskon pembelian dari Pemerintah Guangzhou sebesar 60 ribu yuan atau sekitar Rp 90 juta. Jenis mobil hybrid dengan fitur cas untuk colokan listrik (hybrid plug-in) akan mendapatkan subsidi 50 juta yuan. Mobil hybrid biasa juga mendapat subsidi. Hanya saja besarannya adalah 3 ribu yuan.  Untuk mobil hybrid baru, subsidi yang diberikan adalah 10 ribu yuan.

Keberadaan mobil hybrid atau listrik menjadi agenda nasional di China. Di sana ditargetkan ada 10 persen populasi mobil hybrid secara nasional. Seperti dikutip Antara dari Automotive News China, Pemerintah China berusaha agar peningkatan jumlah mobil tidak makin meningkat. Oleh karena itu, setap tahun diusahakan peningkatan jumlah mobil baru di jalanan tidak sampai menyentuh angka  120 ribu mobil.

Selain untuk sosialisasi mobil ramah lingkungan, program subsidi ini juga dirancang agar industri mobil hybrid bisa segera diserap pasar. Genre mobil hybrid dan listrik saat ini sedang mencari pangsa potensialnya karena masih terbilang baru untuk bersaing dengan mobil bertenaga BBM. Dan, di China sudah ada dua produsen mobil hybrid yang siap memasok kebutuhan industri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda