Scroll to Top

Makan Kacang Lancarkan Peredaran Darah

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 21 Aug 2012

kacang tanah

Tidak perlu ragu untuk mengonsumsi kacang bila Anda tidak punya alergi atau pantangan terhadap makanan ini. Selain dapat mencegah serangan jantung dan lemaknya cukup sehat, kacang juga mampu mencegah pembekuan darah. Walhasil peredaran darah berjalan lebih lancar.

Penyebabnya adalah, kolesterol yang dimiliki kacang berjenis HDL yang mampu melawan kolesterol jahat HDL. Sehingga, penimbunan plak dalam peredaran darah oleh lemak LDL bisa dicegah. Selain itu, lemak kacang turut berperan mencegah pembekuan darah.

Plak dalam pembuluh darah menjadi sebab kuat darah menjadi terhambat alirannya. Ketika tekanan darah naik, maka berpotensi menimbulkan masalah kardiovaskular dengan munculnya serangan jantung hingga stroke. Demikian menurut studi Mayo Clinic.

Belum sampai di situ, kandungan gizi lain dari kacang juga menanti. Kacang – baik dari jenis kacang tanah, almond, kacang mete, dan berbagai jenis kacang lain – punya serat yang baik bagi pencernaan. Selain itu, ditemukan pula kalsium, vitamin A, B kompleks, E, K, fosfor, lesitin, kolin,  protein, hingga zat besi yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan berbagai jenis pengolahan.  Satu lagi, dalam kacang juga dijumpai kandungan antioksidan yang bernama selenium. Antioksidan dikenal sebagai zat antiradikal bebas yang dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Jadi, tidak perlu ragu untuk mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dan secukupnya. Selain nikmat, tubuh pun ikut sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda