Scroll to Top

El Clasico: Real Madrid Tidak Pernah Mengalahkan Barcelona Jika Pepe Absen

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 22 Aug 2012

Pepe Barcelona vs Real Madrid

Menghadapi Barcelona di Camp Nou dalam leg pertama Piala Super Spanyol 2012, Real Madrid kehilangan sosok Pepe. Bahaya mengancam karena jika sang bek tengah absen, Los Blancos belum pernah menang atas Barcelona. Tiga kali kalah dan sekali seri adalah catatan El Real kala Pepe tak ada untuk menggalang pertahanan di El Clasico.

Barcelona vs Real Madrid. Keadaan tidak menguntungkan bagi pasukan Jose Mourinho. Pepe baru saja mengalami insiden berbenturan kepala dengan Iker Casillas dalam duel Los Blancos vs Valencia yang berakhir dengan skor 1-1 di jornada pertama Liga Spanyol.

Ia sempat dilarikan ke rumah sakit. Bahkan, Pepe sempat hilang ingatan beberapa saat. Tidak tahu berada di mana, dan mengaku bernama Pablo. Lebih fatal, sang bek trengginas dipastikan tak akan menjadi rekan duet Sergio Ramos di El Clasico Jilid I musim ini.

Kekhawatiran layak menggelayuti Los Blancos. Bukan hanya masalah siapa yang akan menjadi palang pintu Real Madrid. Namun, juga masalah catatan bertanding vs Barcelona andai Pepe absen.

Sejauh ini, sejak Pepe berlabuh ke Santiago Bernabeu pada 2007, ia tak hadir dalam empat pertandingan El Clasico. Tiga di Liga dan satu di Liga Champions. Hasilnya, Los Blancos tak pernah menang: tiga kali kalah dan sekali seri.

Pepe

Catatan buruk ini dimulai pada Desember 2008 kala Madrid mesti ke Camp Nou pertama kali di era Pep Guardiola. Pepe absen karena cedera, dan Los Blancos tunduk 2-0. Saat itu pelatih Juande Ramos memasang Fabio Cannavaro dan Christoph Metzelder.

Di putaran kedua La Liga musim yang sama, Pepe absen karena larangan bermain. Madrid dicukur 2-6 di kandang sendiri. Cannavaro dan Gabriel Heinze sebagai penggalang lini pertahanan tak bisa membendung Lionel Messi dan Thierry Henry yang masing-masing mencetak 2 gol. Plus kecolongan oleh dua komandan lini belakang El Barca, Carles Puyol dan Gerard Pique yang sama-sama mencetak 1 gol.

Pepe absen lagi dalam duel penentuan di La Liga pada April 2010 karena cedera lutut. Kala itu, El Barca sukses menekuk Madrid 0-2 di Santiago Bernabeu. Dengan duet Raul Albiol-Ezequiel Garay, Los Blancos dilewati oleh Lionel Messi dan Pedro Rodriguez.

Terakhir, kartu merah ‘kontroversial’ membuat Pepe absen di leg kedua Liga Champions dua musim lalu. Hasilnya, bermain di Camp Nou, El Barca mengamankan hasil imbang 1-1. Duet bek tengah Madrid kala itu adalah Raul Albiol-Ricardo Carvalho.

Kini, dengan hilangnya Pepe dari sektor tengah pertahanan, apakah Real Madrid akan kembali tumbang? Ataukah tiba saatnya memutus kutukan tak pernah menang dari Barcelona kala bek Portugal absen?

(AS/bdfutbol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda