Scroll to Top

Aktivitas Tubuh yang Tidak Anda Sadari Saat Berpuasa

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 03 Aug 2011

Ternyata puasa bukan hanya aktivitas menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu semata. Sebuah artikel ilmiah yang ditulis Majalah Emel di Inggris menyatakan, puasa memberikan manfaat kesehatan luar biasa bagi tubuh.

Manfaat kesehatan terpenting dalam puasa adalah proses pembuangan racun atau detosifikasi. Racun yang ada di hati, usus besar, kelenjar getah bening, paru-paru, ginjal, dan kulit akan dienyahkan. Racun dan zat berbahaya itu dismpan dalam cadangan lemak yang merupakan hasil penyerapan dari makanan dan lingkungan. Proses pembuangan berlangsung lebih cepat saat puasa karena tubuh memecah lemak.

Ini pula yang mengakibatkan tubuh memiliki kekebalan yang lebih baik saat puasa. Bahkan, sel abnormal yang berpotensi tumor atau kanker pun kena getahnya. Sel tumor akan lebih mudah terpecah dan segera dibuang tubuh.

Bagian tubuh yang berperan penting dalam memecah lemak tersebut adalah organ hati. Di sinilah lemak akan diubah menjadi senyawa keton yang larut dalam air. Senyawa ini turut berfungsi sebagai salah satu sumber energi. Maka, Anda tidak akan kehabisan energi selama berpuasa. Karena, simpanan energi Anda diolah dari kelebihan lemak, karbohidrat, dan gula yang ada di tubuh. Kadar gula ikutan turun akibat tubuh menggunakan cadangan glikogen dari hati.

Pastinya, sistem pencernaan manusia bergerak ibarat mesin pabrik saat tidak berpuasa. Dia bekerja terus dan kadang melebihi kemampuannya. Saat sedang berpuasa, organ yang ada dalam sistem pencernaan melakukan pembersihan sendiri. Ini memungkinkan pencernaan bekerja lebih efisien dan optimal melakukan penyerapan nutrisi tubuh. Lambung dan usus adalah bagian pencernaan yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah “sampah” tubuh.

Untuk urusan kecantikan, selama berpuasa, tubuh mengeluarkan hormon anti-aging. Hormon ini berfungsi untuk mencegah penuaan. Jadi, Anda akan terlihat lebih muda dengan berpuasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda