Scroll to Top

Lebaran, Layanan Data Kalahkan SMS Dan Voice

By Ditya / Published on Wednesday, 22 Aug 2012

Phone Speed Data

Bagi operator selular, Lebaran kali ini agak berbeda dari tahun sebelumnya, mengapa? Layanan data atau internet yang ditawarkan operator mengalami peningkatan trafik signifikan, mengalahkan layanan SMS dan voice.

Saat hari raya umat Islam ini, trafik berbagai layanan memang naik sukup signifikan dibanding hari biasa, namun penggunaan layanan pesan singkat atau SMS dan voice tidak setinggi penggunaan layanan data atau internet saat lebaran.

Peningkatan penggunaan layanan data yang sangat signifikan ini dialami oleh dua operator tanah air, Telkomsel dan XL Axiata. Keduannya mengalami peningkatan trafik layanan data yang cukup tinggi.

Presiden Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi mengungkapkan bahwa penggunaan layanan data meningkat dari rata-rata penggunaan hari biasa sebesar 52 terabit meningkat hingga 10 terabit menjadi 62 terabit.

“Mulai Lebaran tahun ini, terjadi pergeseran. Layanan data menjadi pilihan utama dalam menyampaikan ucapan Idul Fitri,” kata Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL Axiata.

Hal yang sama juga dirasakan oleh operator terbesar tanah air, Telkomsel. Pada hari raya Idul Fitri, penggunaan layanan data meningkat hingga 157 terabit atau meningkat 55 persen dari biasanya.

Tak hanya itu, layanan seperti BlackBerry juga naik signifikan hingga 226 persen dibanding lebaran tahun lalu, trafik layanan BlackBerry Telkomsel saat Lebaran tahun ini mencapai 7,5Gb/s.

Layanan lain seperti SMS juga mengalami peningkatan hingga 25 persen. Lebaran tahun ini sekitar 1,12 milyar SMS terkirim. Layanan voice juga mengalami peningkatan hingga 24 persen atau sekitar 1,28 milyar percakapan menit.

“Hingga H+1 Idul Fitri, konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik layanan suara terjadi di wilayah Sumatera Barat, yakni Padang, Pariaman, dan Bukit Tinggi dengan lonjakan trafik hingga 72 persen dari hari normal.”

“Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik lebih dari 154 persen dibanding hari biasa,” kata Ricardo Indra, POH Head of Corporate Communications Telkomsel.

Seperti yang dilansir dari KompasTekno (22/08/2012), penggunaan layanan data ini meningkat seiring makinluasnya penetrasi pasar internet di Indonesia, populernya layanan sosial media seperti Facebook dan Twitter serta makin maraknya penggunaan BlackBerry Messenger oleh pengguna ponsel tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda