Scroll to Top

Jose Mourinho vs Lionel Messi 7-4

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 23 Aug 2012

Lionel Messi 6

Sejak menangani Real Madrid, Jose Mourinho sudah bertemu dengan Lionel Messi dalam 11 pertandingan El Clasico. Hasilnya, The Special One sukses memandulkan King Leo dalam 7 kesempatan. Sementara, King Leo ‘cuma’ mampu mencetak enam gol dari empat pertandingan sisa.

Apa jadinya jika sang raja taktik pertahanan seperti Jose Mourinho dihadapkan dengan penyerang terbaik dunia seperti Lionel Messi? Siapa yang lebih unggul? Hingga 11 El Clasico yang mempertemukan keduanya, Jose Mourinho terlihat lebih digdaya daripada sang nomor 10 Barcelona.

Sebelum melatih Real Madrid, Jose Mourinho sudah terkenal sebagai pemangsa Lionel Messi. King Leo senantiasa kesulitan membobol gawang tim yang diasuh El Unico. Dan, kebiasaan tersebut berlanjut kala Mou berlabuh di kubu Santiago Bernabeu.

Real Madrid 1

Tengoklah, Messi cuma berhasil mencetak gol di empat dari 11 duel Barcelona vs Real Madrid. Yang pertama, melalui titik putih saat Real Madrid menahan imbang Barcelona 1-1 di putaran kedua La Liga musim 2010-2011. Berikutnya, terjadi di leg pertama semifinal Liga Champions musim yang sama. Kartu merah yang diterima Pepe membuat La Pulga sukses menjejalkan dua gol ke gawang Iker Casillas dalam laga tersebut.

Dalam dua leg Supercopa de Espana, King Leo menjadi momok Jose Mourinho. Ia menjadi pencetak 3 dari 5 gol Barcelona untuk kemenangan agregat 5-4. Satu dibuat di Santiago Bernabeu, dan dua lagi di Camp Nou. Namun, setelah masa tersebut, kemarau melanda Messi setiap berjumpa Mou: 4 laga terakhir tak ada sebiji gol pun yang berhasil dilesatkannya.

Apa resep ampuh Jose Mourinho untuk membuat King Leo ‘tidak berdaya’? Tak lain tak bukan adalah menjauhkannya dari kotak penalti. Mou memahami betul apa yang terjadi jika Messi berhasil masuk ke kotak terlarang. Peluang yang seakan mustahil pun bisa disepuhnya menjadi gol.

Lionel Messi Real MadridLihatlah peta pergerakan si nomor 10 berikut; yang diambil dari El Clasico terakhir kala Barcelona diredam Real Madrid 1-2 di kandang sendiri. Lionel Messi cuma tercatat menyentuh bola empat kali di kotak penalti dan tidak ada satu pun yang ada di kotak dalam. Selebihnya, ia ‘dibiarkan’ berputar-putar di luar daerah yang biasa menjadi tempatnya mencetak gol.

Untuk menjauhkan King Leo dari kotak penalti, Mou tak sungkan menempatkan tiga hingga lima pemainnya untuk membuat semacam perisai terhadap sang mesiah. Tiga hingga lima pasukan Los Blancos ini bertugas untuk mematahkan bola apa pun yang mendekat. Dan bila King Leo lolos sekalipun, ia tak akan cukup mampu menciptakan peluang yang membahayakan Iker Casillas. Statistik di laga terakhir membuktikan hal ini. Lionel Messi cuma melepaskan satu tembakan dan tidak tepat sasaran.

Jose Mourinho vs Lionel Messi

  • Barcelona vs Real Madrid 5-0
    ——————————————-
  • Real Madrid vs Barcelona 1-1 (Lionel Messi gol penalti)
    ——————————————-
  • Real Madrid vs Barcelona 1-0
    ——————————————-
  • Real Madrid vs Barcelona 0-2 (Lionel Messi 2 gol)
    ——————————————–
  • Barcelona vs Real Madrid 1-1
    ——————————————–
  • Real Madrid vs Barcelona 2-2 (Lionel Messi)
  • Barcelona vs Real Madrid 3-2 (Lionel Messi 2 gol)
    ——————————————-
  • Real Madrid vs Barcelona 1-3
  • Real Madrid vs Barcelona 1-2
  • Barcelona vs Real Madrid 2-2
  • Barcelona vs Real Madrid 1-2

Gambar Analisis: BBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda