Scroll to Top

Tito Vilanova: Banyak Hal Yang Lebih Penting daripada El Clasico

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 23 Aug 2012

Tito Vilanova 2

Jika Jose Mourinho menyebut bahwa Piala Super Spanyol 2012 tidak terlalu penting, Tito Vilanova dari kubu Barcelona menyiratkan nada serupa. Sang pelatih baru El Barca meyakini banyak hal yang lebih penting daripada masalah menang atau kalah dalam El Clasico Real Madrid vs Barcelona.

Tito Vilanova baru saja mendapatkan hadiah kemenangan besar saat timnya mencukur Real Sociedad 5-1 di laga resmi perdana Barcelona di bawah asuhannya. Kini, ujian berkali lipat sudah menghadang. Real Madrid sang raja dari ibukota, datang berkunjung untuk bertarung di ajang Supercopa de Espana.

Dalam pertemuan terakhir di Camp Nou, Real Madrid yang mengandalkan serangan balik, mampu menghajar Barcelona 1-2. Hal inilah yang diwaspadai oleh Tito. Ia akan mengimbangi taktik Jose Mourinho dengan tampil lebih agresif.

“Serangan balik mereka sangat kuat. Kami harus waspada. Kami bermain di kandang. Seisi dunia mengetahui cara kami berlaga di Camp Nou. Kami akan menempuh risiko dalamlaga ini: mengirim banyak pemain untuk tampil menyerang.”

Namun, bicara hasil akhir, Tito tidak mau berpikir terlalu jauh. Ia tidak berpikir bahwa menang atau kalah dari Real Madrid adalah segalanya. Bagi mantan pemain Celta Vigo, ia hanya ingin menikmati pekerjaannya dan menyiratkan kesiapan mental apa pun yang terjadi.

“Laga (El Clasico) sangat penting. Tapi tak baik berpikir bahwa jika kami kalah, maka dunia akan kiamat. Ada banyak hal yang lebih penting daripada pertandingan esok hari.”

Berbicara tentang Jose Mourinho yang menyebut Barcelona tidak mendominasi Eropa dalam beberapa tahun terakhir, Tito Vilanova mengaku menghormati pendapat The Special One.

“Siapa pun memiliki pendapat dan Anda harus menghargai pendapat tadi. Namun, yang saya ketahui, Barcelona sudah melakukan banyak hal spektakuler. Kami memenangi 14 gelar dari 19 kompetisi yang dilalui dalam empat musim terakhir. Lebih jauh, ada empat atau lima tim yang dikenang sejarah, tidak hanya karena jumlah gelar mereka, tetapi juga karena gaya bermain mereka (yang menghibur). Dan Barcelona adalah salah satu di antaranya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda