Scroll to Top

Harga BBM Terendah di Dunia Saat Ini Rp 1.200 per Liter

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 23 Aug 2012

isi bensin

Tidak semua negara menerapkan batas harga yang mahal untuk menjual bahan bakar minyak untuk kendaraan. Ada negara yang menjual BBM dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp 1.200 per liternya. Adalah Venezuela, yang belum menaikkan harga BBM sejak tahun 1980-an. Ketika dulu pemerintah Venezuela menaikkan harganya, terjadi kerusuhan besar di ibukota Caracas.

Harga tersebut di Indonesia hanya bisa didapatkan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto yang memberikan subsidi besar untuk BBM. Sementara di Venezuela, harga murah itu dilandasi oleh anggapan bahwa BBM merupakan salah satu hak rakyat yang dimiliki sejak lahir.

Dikutip Antara dari Mail Online, hanya Venezuela satu-satunya negara di Amerika Latin yang punya rate BBM terendah sedunia. Selebihnya didominasi oleh negara-negara Timur Tengah yang notabene negara raja minyak.

Akibatnya, Venezuela sering menjadi korban penyelundupan BBM ke negara tetangganya. Colombia adalah salah satu negara yang banyak menerima BBM selundupan dari Venezuela. Karena, harga BBM di Colombia sudah mencapai 40 kali lipat harga di Venezuela. Jumlah selundupan BBM bahkan lebih besar dari ganja dan obat terlarang lainnya.

Berikut ini 10 besar daftar negara yang memiliki harga BBM sangat rendah versi This is Money:

  1. Venezuela, Rp 1.200 per liter
  2. Mesir, Rp 1.350 per liter
  3. Saudi Arabia, Rp 1.500 per liter
  4. Qatar, Rp 1.800 per liter
  5. Bahrain, Rp 2.250 per liter
  6. Libya, Rp 2.250 per liter
  7. Turkmenistan, Rp 2.550 per liter
  8. Kuwait, Rp 2.550 per liter
  9. Algeria, Rp 2.550 per liter
  10. Iran, Rp 3.150 per liter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda