Scroll to Top

Timnas Indonesia PSSI, Latihan Perdana Pemulihan Kondisi Fisik

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 23 Aug 2012

Irfan Bachdim Timnas Indonesia

Tugas berat sudah menanti skuad Timnas Indonesia PSSI yang sedianya akan tampil di Piala AFF, Thailand dan Malaysia 24 November-22 Desember 2012.

Alhasil sebanyak 29 pemain yang direncanakan mengikuti TC tahap kedua, akan melahap menu latihan fisik.

Nantinya, dalam TC tahap kedua yang diagendakan berlangsung di lapangan Sutasoma 77 Halim Perdanakusuma hingga 30 September mendatang. Fisik taktik dan mental bertanding mereka akan ditingkatkan.

Harapannya para pemain mampu tampil spartan selama 90 menit. Apalagi, sebelum menghadapi Piala AFF, Timnas akan melawan Espanyol B pada 5 September, Korea Utara 20 September, selanjutnya Filipina dan Vietnam.

“Sebelum itu, kami akan melakukan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan kondisi fisik para pemain selama jeda libur Lebaran. Misalnya saja, apakah berat badan mereka menjadi meningkat atau stabil. Sebab, perubahan apapun yang terjadi akan mempengaruhi kecepatan, kelincahan dan kekuatan mereka” jelas Nil Maizar.

Namun, Nil menilai jika para skuadnya dapat bersikap profesional. Artinya, para pemain sudah mengetahui tugasnya sehingga mampu menjaga kondisi tubuh meski tidak dalam TC.

Sehingga diharapkan setelah kembali menjalani TC, para pemain cepat mengikuti serangkaian latihan tanpa terkendala kondisi fisik.

“Kalau fisik bagus, pasti akan enak dilatihnya. Sebab, kami akan memasuki latihan fisik yang berat seperti speed, strength, endurance dan berbagai komponen latihan lainnya. Itu bertujuan untuk meningkatkan Vo2Max atau kapasitas paru-paru dan jantung dalam mengangkut oksigen (02)” harap Nil maizar seperti yang dilansir Bola.

Tagged as:

Komentar Anda