Scroll to Top

Samsung Investasi USD $4 Miliar Di Pabrik Chip Apple

By Ditya / Published on Thursday, 23 Aug 2012

Samsung Display

Samsung Austin Semiconductor dikabarkan telah menginvestasikan dana sebesar USD $4 miliar di sebuah pabrik chip yang didalamnya memproduksi chip prosesor Apple yang digunakan pada produk iPad dan iPhone.

Bukan rahasia lagi bahwa chip prosesor Apple yang digunakan pada iPad dan iPhone diproduksi di pabrik ini. Tak hanya itu, Apple sebelumnya juga bergantung pada Samsung untuk urusan layar meski kini mulai beralih ke Sharp dan LG.

Berdasarkan keterangan dari pihak representatif Samsung, dana tersebut akan digunakan untuk melakukan renovasi operasi fabrikasi yang ada saat ini dan mengakomodasi sistem produksi baru bernama LSI.

Seperti yang dilansir dari TGDaily (21/08/2012), renovasi yang dilakukan Samsung ini diharapkan pabrik chip tersebut akan segera dapat memiliki kemampuan untuk memproduksi wafer silikon 300mm dengan proses produksi 28nm.

Meski saat ini Samsung dan Apple sedang terlibat pertempuran paten yang berlangsung sejak lama dan berlarut-larut, Apple masih bergantung pada Samsung untuk memproduksi prosesor yang digunakan pada iPhone dan iPad.

Rumaor yang mulai santer terdengar adalah Apple akan segera menghentikan ketergantungan terhadap produksi prosesor yang selama ini ditangani oleh Samsung dan Apple dikabarkan telah menggandeng Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk memproduksi chip prosesornya dimasa mendatang.

Chip prosesor Apple A5 dan A5X adalah prosesor Apple yang diproduksi oleh Samsung. Setelah perang paten makin sengit, Apple dikabarkan tengah bersiap beralih ke TSMC.

“Samsung telah membangun pabrik semiconductor yang didedikasikan untuk memproduksi chip Apple, kini Apple akan lebih condong pada pabrik chip asal Taiwan, TSMC untuk memproduksi prosesor di masa mendatang,” kata Charlie Demerjian, analis di SemiAccurate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda