Scroll to Top

Liga Europa: Penampilan ke-800 Javier Zanetti untuk Inter Milan

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 24 Aug 2012

Javier Zanetti

Pertandingan Liga Europa antara Vaslui vs Inter Milan yang berakhir dengan skor 0-2 menjadi sejarah tersendiri bagi kapten Javier Zanetti. Ya, pemain berusia 39 tahun tersebut genap bermain 800 kali untuk Internazionale selama 18 tahun kariernya bersama klub Liga Italia tersebut.

‘Bionic Man’, demikian julukan yang diberikan kepada Javier Zanetti oleh pelatih anyar Inter, Andrea Stramaccioni. Zanetti, pria yang 3 tahun lebih tua dari pelatihnya sendiri, seolah memang bukan manusia. Di usia ketika pemain lain sudah gantung sepatu, pemain kelahiran 10 Agustus 1973 masih bermain layaknya berumur belasan tahun lebih muda.

Dia adalah lelaki yang pada malam menjelang debutnya tak bisa terlelap. 27 Agustus 1995, Zanetti menjalani partai perdana bersama Inter saat menjamu Vicenza. Kini 3 hari menjelang 17 tahun perayaan debutnya, Zanetti mengantongi 800 penampilan untuk Nerazzuri di semua kompetisi. 567 di antaranya dilakoni di Serie A.

Lima kali juara Serie-A, meraih 4 trofi Coppa Italia, 4 gelar Supercoppa Italiana, 1 Piala UEFA pada 1998, 1 Liga Champions pada 2010, dan sekali juara Piala Dunia Antar Klub pada tahun yang sama; adalah prestasi yang pernah dipersembahkan sang kapten untuk Inter. Seperti dikutip oleh UEFA, Zanetti mengaku bahwa prestasi teristimewa baginya adalah kala Nerazzuri membekap Bayern Muenchen 2-0 di final Liga Champions dua tahun lalu lewat Diego Milito.

“Yang terbaik dari 799 pertandingan saya (wawancara dilakukan sebelum melawan Vaslui) adalah final Liga Champions (2010) kala kami menggapai tujuan yang dicari sekian tahun dengan kemenangan yang tak terlupakan.”

Belasan tahun yang dijalani dengan penuh dedikasi. Tak pernah ada satu musim pun dilalui El Tractor tanpa tampil kurang dari 30 kali di semua kompetisi.

Sampai kapan Zanetti akan bermain dengan kualitas tinggi seperti saat ini? Tidak ada yang tahu. Yang jelas, trofi Europa League musim ini tengah melambai-lambai untuk diangkat sang kapten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda