Scroll to Top

Sembuhkan Batuk dengan Obat Alami

By C Novita / Published on Friday, 24 Aug 2012

obat batuk alami

Batuk merupakan jenis penyakit yang paling umum terjadi, namun penyembuhannya terkadang membuat frustasi. Padahal adanya penyakit batuk dapat mengganggu saat aktifitas sehari-hari sedang berlangsung. Juga istirahat yang terganggu karena batuk kerap menyerang saat tidur.

Sebelum mencoba pengobatan dengan resep dokter, ada baiknya Anda mencoba pengobatan tradisional batuk dengan obat alami berikut ini. Selain aman dan tanpa efek samping, efektifitasnya pun terbukti;

  • Susu madu. Siapkan susu segar hangat, lalu tambahkan madu 1 sendok makan. Kemudian minum sampai habis lalu lanjutkan dengan istirahat. Madu memiliki efek anti bakteri dan susu memperbaiki daya tahan tubuh.
  • Kecap jeruk nipis. Ini merupakan resep paling umum yang telah dikenal oleh masyarakat. Fungsinya selain mengencerkan dahak, juga meredakan batuk. Caranya, peras setengah jeruk nipis, campurkan dengan 1 sendok kecap manis, lalu minum. Ulangi beberapa kali sehari.
  • Jahe. Efek hangat pada jahe membuat dada yang sesak dapat lega sejenak. Juga mengurangi sensitifitas paru hingga tak terlalu sering bereaksi batuk. Caranya cukup kupas jahe secukupnya, bersihkan, lalu memarkan dan seduh dengan air panas. Minum 2-3 kali sehari.
  • Madu jeruk nipis. Campurkan madu dengan sedikit air hangat, lalu peras jeruk nipis di dalamnya. Minum 2-3 kali sehari.
  • Kencur. Kencur pun mampu menghilangkan gejala batuk. Caranya bersihkan 1 ruas kencur, lalu kunyah dan telan. Jangan minum air setelahnya, agar khasiat kencur dapat meresap di paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda