Scroll to Top

9 Kebiasaan Pendorong Berhenti Merokok

By Ilham Choirul / Published on Friday, 24 Aug 2012

berhenti merokok

Sebagian perokok mengatakan, meninggalkan kebiasaan buruk ini sangat sulit. Tidak jarang orang yang sudah mulai berhenti merokok, mendadak kembali melakukan aktivitas ini tatkala sebatang rokok kembali tersulut di mulutnya. Racun rokok memang hebat dalam memerintahkan otak untuk kecanduan.

Namanya juga kebiasaan, maka berhenti merokok mesti diikuti dengan kebiasaan lain yang kontraproduktif dengannya. Ada 9  kebiasaan yang bisa Anda terapkan agar bisa benar-benar lepas dari rokok.  Dikutip dari Times of India, berikut ulasannya:

  1. Pikiran Anda harus mengakui bahwa merokok adalah sebuah kebiasaan yang salah  dan harus dihindari. Inilah sebuah tekad yang harus Anda partri dalam pikiran bawah sadar Anda. Dengan begitu, Anda memiliki kemauan hati yang ikhlas untuk meninggalkan kebiasaan merokok.
  2. Buatlah rencana berhenti merokok beserta target-target positif yang hendak Anda capai. Ini akan memberikan dorongan bagi Anda untuk mau lepas dari merokok secara terarah. Alihkan keinginan merokok dengan berbagai aktivitas yang positif. Sehingga, pikiran untuk merokok akan segera teralihkan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.
  3. Tetapkan tanggal yang menjadi tonggak sejarah berhenti merokok. Hal ini dapat melatih mental dan fisik Anda untuk memerangi nikotin. Namun, ketika stres menghampiri, keinginan merokok biasanya amat kuat. Oleh karena itu, rangsanglah pikiran Anda untuk kuat menolak rokok. Siapkan cara untuk merileksasi pikiran yang tertekan dengan agenda lain yang menyenangkan.
  4. Bergaullah dengan teman-teman yang mendukung keinginan Anda lepas dari merokok. Teman adalah cerminan diri Anda. Kalau Anda berada di lingkungan tanpa rokok, maka Anda akan mengikuti kebiasaan di lingkungan itu.
  5. Buatlah lingkungan tanpa rokok di tempat kerja.  Mungkin Anda bisa menempel berbagai gambar akibat dari merokok di meja kerja sebagai pengingat berbahayanya rokok.
  6. Hindari kepulan asap rokok saat beristirahat. Asap rokok bisa mengganggu rencana Anda untuk meninggalkan rokok.
  7. Selesaikan penyebab Anda merokok. Penyebab orang merokok itu banyak. Ada yang karena stres, ajakan teman, dan sebagainya. Selesaikan akar masalah merokok dan kurang merokok dengan bertahap.
  8. Hadapi ketergantungan nikotin dengan  cara lain yang lebih enak. Misalnya makan permen karet atau permen kala  muncul hasrat ingin merokok.
  9. Berolahraga teratur. Berhenti merokok dengan diikuti aktivitas berolahraga dapat mempercepat pengurangan ketergantunga terhadap rokok. Olahraga bisa menjadi jalan membuang racun rokok dari dalam tubuh sekaligus membuat tubuh sehat secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda