Scroll to Top

Tanpa Karet Pengaman, Istri Bisa Lebih Terpuaskan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 24 Aug 2012

gembira

Ketiadaan karet pengaman atau kondom saat melakukan hubungan suami istri, dapat membuat istri lebih sehat dari sisi mental. Air mani yang dimiliki pria mengandung kortisol, estrone, oksitosin, thyrotropin, melatonin, dan serotonin yang semua itu punya manfaat dalam menenangkan dan menyehatkan pikiran. Di samping berbagai jenis hormon itu tentu saja terkandung spermatozoa yang berfungsi dalam proses pembuahan hingga kehamilan. Demikian  hasil studi dari Gallup dan Burch.

Peneliti mendapati pada sejumlah relawan wanita yang melakukan seks tanpa kondom secara teratur, mereka cenderung lepas dari tekanan dan mampu tampil lebih baik pada tes yang dilakukan. Hasil ini tidak sama pada mereka yang memakai kondom kala berhubungan intim. Memakai kondom tidak lantas membuat perubahan secara menyeluruh dari sisi mental. Sejumlah 293 wanita dilibatkan pada studi ini. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner tanpa nama tentang kehidupan seks yang dijalani selama ini.

Berbagai jenis hormon dalam air mani tersebut memiliki fungsi tersendiri saat berada di dalam organ intim wanita.  Dikutip Tempo dari Daily Mail, kortisol dapat meningkatkan rasa sayang kepada pasangan. Hormon estron berperan memperbaiki mood bersama hormon oksitosin. Sementara hormon thyrotropin dan serotonin, berfungsi sebagai pemicu antidepresi. Terakhir, melatonin dapat merangsang tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Namun, bagi pasangan yang memperhatikan jarak kehamilan, memakai kondom mungkin menjadi pilihan. Ketika di luar masa subur wanita, kondom bisa ditanggalkan untuk mendapatkan manfaat ini. Dan, lakukan seks hanya dengan pasangan yang sudah Anda nikahi. Seks yang berisiko bisa membuat penyesalan di kemudian hari.

Studi tersebut dimuat dalam Archives of Sexual Behavior.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda