Scroll to Top

Koboi Cina Pimpin Jakarta Gegerkan Youtube

By Aditya / Published on Saturday, 25 Aug 2012

Koboi Cina Pimpin Jakarta Youtube

Lagi-lagi isu SARA menyeruak jelang putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Usai perkara yang menyeret nama Rhoma Irama, kali ini beredar video”Koboi Cina Pimpin Jakarta” yang menggegerkan Youtube. Istilah Koboy Cina tampaknya merujuk kepada salah satu kandidat Wakil Gubernur DKI Jakarta, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dalam video ”Koboi Cina Pimpin Jakarta” yang diunggah di Youtube, diserukan ancaman kepada warga keturunan Tionghoa agar tidak menggunakan hak pilihnya di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta yang akan dilaksanakan pada pertengahan bulan September 2012 mendatang.

Seperti diketahui, terdapat dua pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang bersaing di putaran kedua nanti, yakni pasangan Fauzi Bowo (Foke) dan Nachrowi Ramli (Nara) yang akan berhadapan dengan pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Jokowi-Ahok Vs Foke-Nara
Jokowi-Ahok Vs Foke-Nara

Video ”Koboi Cina Pimpin Jakarta” diunggah di Youtube pada 12 Agustus 2012 oleh akun bernama “PP10Tahun1959″. Mula-mula, ditampilkan petikan pidato Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, ketika sang proklamator kembali ke Jakarta dari lawatan ke luar negeri.

“Saudara-saudara sekalian, Alhamdulilah di hadirat Allah SWT, ini hari aku telah menginjak kembali di Bumi Jakarta,” kata Soekarno dalam video itu.

Di saat yang sama, muncullah lembaran-lembaran foto beraroma rasisme yang bernada memojokkan kaum keturunan Tionghoa yang ada di Indonesia, antara lain berbunyi “Awas! Bahaya Laten, China Koruptor”,  dan jepretan foto ”Usir Cina dari Jakarta” tentang kerusuhan Mei 1998 yang memang memunculkan konflik SARA.

Masih di video ”Koboi Cina Pimpin Jakarta” yang menggegerkan Youtube, ditampilkan lagi kutipan orasi Bung Karno, kali ini tentang ucapan sang penyambung lidah rakyat yang menyerukan bahwa putra daerah harus menjadi pemimpin di daerahnya sendiri.

“Putra daerah itu pemimpin di daerahnya sendiri itu harga mati!” seru Bung Karno seperti yang dicuplik di video tersebut.

Masih ada sejumlah kalimat bernada SARA yang terangkai dalam video ”Koboi Cina Pimpin Jakarta” yang menggegerkan Youtube, seperti kutipan berikut ini:

“Kami pemuda penyelamat Jakarta memberi ultimatum kepada warga keturunan (Tionghoa) untuk tidak memilih di pemilukada atau….”

“Sengaja kubuat PP No 10 Thn 69 untuk kemaslahatan pribumi!”

Lebih dari 16 ribu orang yang telah menyaksikan video ”Koboi Cina Pimpin Jakarta” di  Youtube. Terdapat 918 orang yang tidak menyukai (dislike) unggahan ini, sedangkan yang menyukai (like) hanya 7 orang.

Tidak kurang 330 orang menuliskan komentarnya terhadap video ”Koboi Cina Pimpin Jakarta”. Namun, kini video itu sudah tidak bisa diakses karena telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pimpinan Menkominfo Tifatul Sembiring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda