Scroll to Top

Beda Manfaat Susu Sapi, Susu Kambing, dan Susu Kedelai

By C Novita / Published on Saturday, 25 Aug 2012

manfaat susu

Manfaat susu memang tak diragukan lagi, sebab kaya nutrisi yang berguna untuk tubuh. Namun tahukah Anda bahwa tiap jenis asal susu mempunyai kandungan nutrisi yang sedikit berbeda? Itu membuat manfaatnya juga berbeda.

Susu yang berasal dari sapi, susu kambing, dan susu kedelai membawa khasiat berbeda jika dikonsumsi. Apa sajakah perbedaan manfaat dari tiap jenis susu tersebut? Simak berikut ini;

  • Susu sapi.

Susu sapi adalah jenis yang paling banyak dikonsumsi oleh manusia. Kandungan nutrisinya pun lengkap, seperti kalsium, kalium, vitamin D, protein, lemak dan mineral serta beberapa zat lain.

Susu sapi dapat dikonsumsi oleh semua usia dan jenis kelamin. Manfaatnya baik untuk pembentukan tulang, gigi, dan memperbaiki fungsi tiroid serta menurunkan resiko asam urat sebab mengandung yodium.

  • Susu kambing.

Dalam nutrisi yang terkandung di susu kambing, ada zat besi dalam jumlah banyak, kalsium, fosfor, serta magnesium. Ini bermanfaat mencegah anemia, dan pelunakan tulang. Susu kambing pun baik untuk membantu proses pencernaan serta metabolisme beberapa jenis mineral di tubuh. Kandungan lemaknya yang sedikit membuat Anda yang mengkonsumsi susu kambing tak perlu takut gemuk.

Susu kambing juga bermanfaat anti radang usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Susu kedelai.

Susu yang berasal dari perasan sari kedelai ini baik dikonsumsi oleh wanita. Komposisinya yang mengandung protein nabati, serat, omega 3 dan 6, juga mineral lainnya dapat mengurangi resiko osteoporosis, gejala menopause, bahkan dapat mencegah kanker prostate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda