Scroll to Top

Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Awet

By C Novita / Published on Saturday, 25 Aug 2012

merawat sepatu kulit

Memiliki sepatu kulit berarti Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk merawat dan memeliharanya, sebab sepatu berbahan kulit beda dari sepatu bahan lain. Jika kurang perawatan, sepatu kulit dapat retak-retak, mengelupas, atau bahkan berjamur.

Tak butuh waktu banyak, kok. Hanya saja memang Anda harus telaten dan sabar. Berikut cara mudah merawat sepatu kulit agar tetap awet dan mulus;

  • Hindari mencuci sepatu kulit dengan air, apalagi merendamnya. Cukup usap dengan lap basah, lalu keringkan dengan lap berbahan menyerap air atau kanebo.
  • Jika sepatu terkena kotoran yang mengharuskan Anda menggunakan sabun, maka gunakan shampoo untuk membersihkannya. Caranya, bubuhi shampoo pada lap basah, usapkan pada bagian yang kotor, lalu basuh kembali dengan lap basah yang bersih. Kemudian keringkan dengan lap kering.
  • Sebulan sekali, walau sepatu kulit Anda tak digunakan, olesi dengan baby oil. Ini berguna untuk melembabkan kulit sepatu dan mencegah retak-retak mengelupas.
  • Simpan sepatu kulit Anda dalam kotak penyimpanannya, agar tak terkena debu. Namun beri lubang udara, agar sepatu tak lembab dan ditumbuhi jamur.
  • Usai mengenakan sepatu kulit Anda, angin-anginkan sejenak agar keringat yang berasal dari kaki Anda dapat menguap. Kemudian bersihkan dengan lap kering, dan simpan kembali ke kotaknya.

Dengan demikian, maka sepatu kulit Anda yang berharga tak murah tersebut dapat awet dan tetap mulus hingga waktu yang lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda