Scroll to Top

Blackberry Bakal Dilarang Digunakan di Kalangan PNS Inggris

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 25 Aug 2012

Blackberry

Anda adalah Pegawai Negeri Sipil dan menggunakan handset Blackberry? Bersyukurlah masih bisa menikmati ponsel mungil nan pintar tersebut. Sebab di Inggris, produk primadona RIM ini bakal dilarang penggunaannya di kalangan PNS.

Sejatinya kebijakan ini masih dalam tahap pertimbangan. Dan dengan peraturan tersebut nantinya PNS Inggris akan menggunakan smartphone lain dan Blackberry tak lagi mendominasi. Lantas apa dibalik kebijakan penggunaan BB ini?

Di Inggris dokumen pemerintah di pelbagai instansi dibagi menjadi tiga tingkatan. Di tingkat tertinggi hanya handset Blackberry yang diperkenanankan untuk mengakses dokumen tersebut (rahasia).

Nah rencananya tiga tingkatan dokumen ini akan dijadikan menjadi satu. Dengan demikian akan ada standar tunggal dalam pengklasifikasian dokumen. Dan mereka (PNS) yang memiliki ponsel Blackberry dimungkinkan untuk mengakses dokumen tersebut.

Mengapa pemerintah Inggris ingin menelurkan kebijakan ini? Situs Computer Weekly mewartakan selain dari dimungkinkannya akses ke semua tingkatan dokumen dalam standar tunggal, muncul adanya dorongan untuk membuka dokumen pemerintah dalam jarak jauh (remote).

Apakah hanya Blackberry yang dipersilakan mengakses dokumen dalam jarak jauh? Tenyata tidak. Smartphone iPhone juga diperkenankan namun untuk kategori dokumen yang tidak terlalu ‘sensitif’. Apabila sesuai dengan rencana maka kebijakan tersebut akan diterapkan pada tahun 2013 nanti.

Bilamana kebijakan ini diterapkan di kalangan PNS di tanah air, kira-kira bagaimana tanggapan mereka? Tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda