Scroll to Top

Neil Armstrong: Manusia Pertama di Bulan Meninggal Dunia

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 26 Aug 2012

Neil Armstrong Present

Neil Armstrong, manusia pertama di bulan meninggal dunia. Pria kelahiran Ohio, Amerika Serikat ini menutup usia di umur 82 tahun pada Sabtu (25/08/12) waktu setempat. Laman Heraldsun mewartakan jika pria yang bernama lengkap Neil Alden Armstrong ini meninggal karena komplikasi akibat prosedur kardiovaskular.

Sedangkan pernyataan keluarga yang dilansir dari laman VOA Indonesia menyatakan jika ia meninggal menyusul operasi jantung pada bulan ini. Neil Armstrong dan Buzz Aldrin menahkodai Apollo 11 tatkala berhasil mendarat di Bulan untuk pertama kalinya pada 20 Juli 1969.

That’s one small step for man, one giant leap for mankind,” pesan radio bersejarah yang dikirim Neil Armstrong dari Bulan ke Bumi pada 20 Juli 1969.

Neil Armstrong lahir pada 5 Agustus 1930 di Wapakoneta, Ohio, Amerika Serikat. Sebelum menjadi astronot, ia berprofesi sebagai naval aviator dan test pilot.

Neil Armstrong
Neil Armstrong setelah langkah bersejarahnya di bulan tahun 1969

Ia telah menghabiskan 8 hari, 14 jam, 12 menit, dan 31 detik di luar angkasa. Selain Apollo 11, Neil Armstrong pernah terlibat di misi Gemini 8. Atas prestasinya, Neil Armstrong dianugerahi bintang Congressional Space Medal of Honor pada 1 Oktober 1978 oleh Presiden Amerika ke-39 (kala itu), Jimmy Carter.

Neil Armstrong merayakan ulang tahunnya ke-82 pada 5 Agustus 2012 lalu. Selang dua hari, ia kemudian menjalani operasi jantung untuk meringankan arteri koroner yang tersumbat. Namun sayangnya terjadi komplikasi yang berujung merenggut nyawanya.

Neil Armstrong selama bertahun-tahun telah menarik diri dari kehidupan publik. Namun tahun ini ia berbicara di Ohio State University untuk sebuah upacara dalam menghormati rekan penjelajah antariksa John Glenn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda