Scroll to Top

Obisoft: 95 Persen Game PC Dibajak

By Ditya / Published on Sunday, 26 Aug 2012

ubisoft

Chief Executive Officer (CEO) pengembang game Ubisoft, Yves Gullemot meluncurkan pernyataan yang mengejutkan, 93 hingga 95 persen game PC Windows dibajak atau bajakan.

Industri game PC memang tidak jauh beda dengan industri hiburan seperti film dan musik, sangat rawan dengan tindakan pembajakan yang merugikan produsen.

DRM (Digital Right Management) sempat menjadi solusi untuk mengatasi pembajakan, namun kehadirannya malah menimbulkan kontroversi di kalangan pelanggan mereka, karena aturan DRM dinilai sangat kaku dan terlalu membatasi ruang gerak pengguna.

CEO Ubisoft mengatakan bahwa 93 hingga 95 persen game PC yang beredar adalah game bajakan. Maraknya pembajakan ini sangat merugikan pengembang maupun penerbit game sehingga menghambat pertumbuhan industri game dimasa mendatang.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (24/08/2012), Ubisoft mencoba mencari cara selain DRM untuk mengatasi pembajakan game PC dan konsol yang kian marak. Salah satu cara yang ditempuh adalah meluncurkan game secara free-to-play (F2P), mengapa?

F2P mirip dengan freemium, dimana pengguna dapat memainkan game secara gratis di level-level tertentu dan harus mengeluarkan uang untuk melanjutkan memainkan level berikutnya.

“Ini adalah cara untuk lebih dekat dengan pelanggan Anda, untuk memastikan Anda memiliki pendapatan. Pada PC ini hanya sekitar lima sampai tujuh persen dari pemain yang membayar untuk F2P, sisanya bajakan.”

“Itu menunjukan tingkat pembajakan mencapai 93-95 persen. Pendapatan kami dapatkan dari orang-orang yang bermain adalah istilah yang lebih panjang, sehingga kami dapat terus mengembangkan konten game,” kata Yves Guillemot, CEO Ubisoft.

F2P adalah salah satu solusi untuk mengembangkan pasar game PC karena pengembang dapat menghasilkan pendapatan di negara-negara yang sebelumnya tidak menghasilkan karena pembajakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda