Scroll to Top

NASA Luncurkan Satelite Yang Diotaki Ponsel Google Nexus One

By Ditya / Published on Sunday, 26 Aug 2012

Proyek PhoneSat

NASA akan meluncurkan satelit mini berukuran 4 inci yang diotaki sebuah ponsel Android, yaitu Google Nexus One. Ponsel Android Google Nexus One difungsikan sebagai komputer on-board oleh NASA.

Lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, akan meluncurkan satelit mini berukuran 4 inci yang didukung sebuah smartphone berbasis Android Google Nexus One.

NASA membekali ponsel Google Nexus One dengan baterai eksternal, sinyal radio eksternal dan sistem sirkuit pengawas yang akan bertugas memonitor sistem dan reboot smartphone Android jika diperlukan.

Pada hari Jumat lalu (24/08/2012), NASA mengatakan bahwa satelit mini berbentuk kubus ini merupakan bagian dari proyek PhoneSat yang bertujuan untuk memanfaatkan fungsi ekstensif dari smartphone komersial yang dimodifikasi.

“Smartphone sudah menawarkan banyak kemampuan yang dibutuhkan untuk sistem satelit, termasuk prosesor cepat, sistem operasi serbaguna, sensor miniatur ganda, kamera resolusi tinggi, penerima GPS, dan radio beberapa,” kata NASA.

Hanya dengan bermodalkan komputer berwujud smartphone komersial, tim proyek PhoneSat mampu membangun 3 buah prototipe PhoneSat dengan biaya sebesar USD $3.500.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (25/08/2012), ponsel Google Nexus One akan bertindak sebagai komputer on-board pesawat ruang angkasa. Sensor yang ditanamkan digunakan untuk orientasi sementara kamera yang digunakan untuk pengamatan bumi.

Satelit PhoneSat generasi pertama ini akan menjalankan misi sederhana seperti bertahan hidup di ruang hampa udara yang dingin dalam waktu lama dan mengirim kembali data ke bumi serta mengirim laporan dari keseluruhan proses yang terjadi.

Setelah proyek PhoneSat generasi pertama sukses, NASA telah menyiapkan proyek PhoneSat generasi kedua yang nantinya akan diotaki olek smartphone Google Nexus S zippier.

Kemudian pada tahun 2013 nanti NASA akan mendemokan pengukuran helipphysiscs menggunakan pesawat ruang angkasa kecil dan akan diotaki oleh smartphone yang lebih mutakhir, Galaxy S3, mungkin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda