Scroll to Top

MacBook Pro 13 Inci Retina Display Segera Hadir?

By Ditya / Published on Monday, 27 Aug 2012

Retina display MacBook Pro 13

Setelah meluncurkan jajaran MacBook Pro 15,4 inci Retina display, kini Apple dikabarkan mempersiapkan kehadiran MacBook Pro 13 inci Retina display. Saat ini layar Retina display MacBook Pro 13 inci telah mencapai tahap produksi.

Retina adalah istilah unik untuk layar yang awalnya digunakan untuk iPhone dan iPad. Retina display ini adalah sebutan bagi layar dengan resolusi tinggi yang mana retina mata manusia tidak dapat membedakan tiap individual piksel pada layar, karena sangat rapat.

Setelah merambah MacBook Pro 15,4 inci, kini Apple akan menghadirkan Retina display ke jajaran MacBook Pro berukuran 13 inci yang saat ini menurut Richard Shim telah memasuki masa produksi.

“Indikasi rantai pasokan ini adalah Retina display untuk MacBook Pro 13 inci dan bukan untuk MacBook Air. Ukuran 15,4 inci itu produksi beberapa ratus ribu unit sedangkan untuk 13,3 inci hingga satu sampai dua juta unit,” kata Richard Shim, analis dari DisplaySearch.

Seperti yang dilansir dari CNET (26/08/2012), Richard Shim juga menambahkan bahwa resolusi layar Retina display 13,3 inci ini lebih kecil dari versi Retina display yaitu 2560 x 1600 piksel. Bandingkan dengan resolusi layar Retina display 15,4 inci 2880 x 1800 piksel.

Meski demikian, resolusi layar yang diusung oleh MacBook Pro Retina 13,3 inci atau 15,4 inci masih merupakan resolusi tertinggi yang diusung laptop, saat ini laptop yang beredar dipasarang menggunakan resolusi layar hingga 1920 x 1080 piksel.

Menyinggung masalah pemasok layar, Richard Shim mengatakan bahwa sampai saat ini LG Digital dan Samsung masih merupakan pemasok utama untuk layar Retina display untuk MacBook Pro.

“Samsung adalah produsen pertama yang mampu mencapai resolusi layar setinggi pada iPad baru, hal ini karena permintaan dari Apple,” tambah Richard Shim.

Sampai saat ini belum diketahui berapa harga bandrol untuk MacBook Pro Retina display 13,3 inci.  Model 15,4 inci Retina display dibandrol USD $2.199, mungkin model 13,3 inci Retina display akan lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda