Scroll to Top

Berenang Pakai Lensa Kontak Bisa Sebabkan Infeksi Mata Serius

By Ilham Choirul / Published on Monday, 27 Aug 2012

berenang

Saat hendak berenang, lepaskan lensa kontak Anda. Sebab, infeksi mata yang cukup berbahaya bisa mengancam, yaitu acanthamoeba keratitis. Dikutip BBC, infeksi ini telah menjangkiti Jeannie Hurst, warga Southampton di Inggris, yang mengenakan lensa kontak kala berenang.

Efek yang ditimbulkan tidak main-main. Pasien mengalami sensitivitas berlebih saat cahaya masuk ke matanya. Rasanya cukup menyakitkan. Akibatnya, pasien harus tinggal untuk sementara di dalam ruangan gelap sampai sembuh.

Infeksi ini disebabkan oleh amoeba yang masuk ke mata lewat perantaraan air. Lensa kontak bisa menjadi media tinggal makhluk tidak kasat mata ini. Jika infeksi ini terjadi cukup parah, maka dapat berakibat pada penurunan fungsi penglihatan secara permanen. Dalam kasus Hurst, dia kehilangan separuh fungsi mata kirinya dan kornea matanya masih ada kemungkinan rusak permanen.

Parwez Hossain, dokter opthalmologi yang merawat Hurst, mengatakan, pemakai lensa kontak mesti segera berkonsultasi dengan dokter mata jika mengalami keluhan di mata walaupun ringan. Tandanya, mata tiba-tiba merasa sensitif terhadap cahaya atau mengalami iritasi. Jika 24 jam keluhan ini tidak hilang, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan.

“Suatu senja, saya benar-benar ingin melihat ke luar jendela untuk mendapat pemandangan dunia luar sehingga saya membuka tirai kamar di tengah malam. Begitu saya melakukan hal itu, cahaya dari bulan mengenai mata saya dan rasanya benar-benar menyakitkan. Saya tidak pernah lagi melakukan hal itu,” kata Hurst menggambarkan rasa sakit mengalami infeksi acanthamoeba keratitis.

Untuk perawatan, Hurst sudah menjalani empat kali bedah mata dan harus melakukan tets mata setiap setengah jam. Itu belum ditambah sesi perawatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda