Scroll to Top

Pengaruh Media Sosial Terhadap Kredibilitas Anda

By Melissa / Published on Thursday, 04 Aug 2011

kredibilitas-social-mediaTidak sedikit orang yang menjadikan media sosial sebagai tempat untuk mengaktualisasikan diri. Namun seperti yang kita ketahui, segala tindakan yang kita lakukan di dunia maya secara tidak langsung akan berefek pada kehidupan di dunia nyata.

Patut disayangkan, tidak hanya hal-hal positif saja yang ditampilkan di media sosial, terkadang para pengguna secara tidak sadar menaruh berbagai konten negatif di akun media sosialnya, seperti menulis status update atau memajang foto yang memancing kontroversi.

Saat ini, berhati-hatilah menggunakan media sosial apabila Anda sedang melamar pekerjaan atau mendaftar ke universitas, karena segala hal yang Anda tulis dan berbagai gambar yang Anda tampilkan dapat memengaruhi kredibilitas Anda.

Dikutip dari AllFacebook, Kaplan Test Prep melakukan survei melalui telepon terhadap 200 program pascasarjana di bidang pendidikan, teknik, psikologi dan administrasi, seperti yang diminta oleh US News & World Report bulan Mei lalu.

Tim perekrut mahasiswa dimintai pendapat tentang calon mahasiswa yang menggunakan media sosial seperti Facebook untuk menghubungi pihak universitas. Ternyata 65% dari tim perekrut menganggap bahwa hal itu tidak pantas dilakukan.

Selain itu, 29 persen dari tim perekrut yang diizinkan untuk mengunjungi halaman media sosial milik pelamar, menyatakan akan menolak lamaran calon mahasiswa akibat konten yang ditemukan pada halaman tersebut.

Bagaimana menurut Anda, apakah etis jika tim perekrut memeriksa akun media sosial milik para pelamar? Dan jika Anda bertugas sebagai tim perekrut, setujukah Anda jika konten media sosial milik pelamar dapat dijadikan tolok ukur penerimaan pelamar tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda