Scroll to Top

5 Makanan Penunjang Diet yang Dapat Menekan Nafsu Makan

By C Novita / Published on Monday, 27 Aug 2012

makanan penekan nafsu makan

Anda yang sedang menjalankan program diet, biasanya mengalami kesulitan dalam mengontrol nafsu makan. Padahal kunci dari keberhasilan diet adalah kemampuan mengendalikan nafsu makan dan mengurangi asupan makanan.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis makanan yang mempunyai kemampuan mengontrol nafsu makan? Apa saja jenis makanan penunjang diet tersebut, simak berikut ini seperti dikutip dari situs Ourvanity;

  • 1. Alpukat. Alpukat adalah penekan nafsu makan alami yang paling efektif. Serat dan lemak jenuh dalam alpukatlah yang menyebabkan ia berfungsi demikian. Setelah mengkonsumsi alpukat, maka tubuh akan mengirim sinyal ke otak yang memberitahu bahwa perut Anda sudah penuh.
  • 2. Tahu. Tahu kaya protein dan isoflavon jenis genistein, yang dipercaya mampu menekan nafsu makan. Makanan yang berasal dari kedelai lainnya pun mengandung genistein, sehingga memiliki efek yang sama, yaitu menekan nafsu makan. Misalnya tempe dan susu kedelai.
  • 3. Teh Hijau. Minum teh hijau adalah cara mudah untuk diet dan menekan nafsu makan. Ini karena catechin yang dikandungnya mampu memperlambat proses transformasi glukosa ke dalam sel lemak, hingga menstabilkan gula darah. Ini akan membuat tubuh merasa kenyang.
  • 4. Dark Coklat. Coklat murni yang berkualitas tinggi disepakati sebagai penekan nafsu makan. Rasa pahitnya yang membuat tubuh mengirim sinyal kenyang ke otak, sehingga rasa ingin makan menjadi hilang.
  • 5. Apel. Apel juga memiliki kandungan serat yang tinggi, serta karbohidrat rendah. Saran dari ahli gizi, mengkonsumsi apel sebaiknya dikunyah, jangan dibuat jus. Hal ini disebabkan proses pengunyahan apel yang lama, menyebabkan otak akan merespon bahwa tubuh sudah cukup mendapat asupan makanan dan menekan nafsu makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda