Scroll to Top

Rutin Ejakulasi Bikin Banyak Sperma Normal dan Lincah

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 04 Aug 2011

Ingin punya anak? Rajinlah melakukan ejakulasi bersama istri. Karena, dengan rutin melakukan ejakulasi, mampu menambah jumlah sperma normal dan meningkatkan kelincahan (motilitas) sperma untuk berenang menuju sel telur. Demikian menurut hasil dari beberapa studi.

Fakta ini seolah menggugat teori kesuburan yang menyarankan seorang pria agar tidak melakukan ejakulasi selama dua sampai lima hari. Memang benar, saat seorang pria menahan untuk tidak ejakulasi, maka volume dan konsentrasi sperma bertambah dan menjadi pekat. Makin lama “puasa” ejakulasi, makin banyak pula jumlahnya.

Namun, tidak bisa juga lantas mengabaikan faktor lain yang membuat terjadinya pembuahan di sel telur. Sebaik-baik kualitas sperma normal tanpa dibarengi motilitas yang tinggi, menjadi kendala bagi sperma untuk melakukan pembuahan. Sperma “kurang tenaga” di tengah perjalanan.

Dalam studi lain ditemukan petunjuk, bahwa sperma normal dan sperma lincah akan menurun jumlahnya jika seorang pria jarang ejakulasi. Justru semakin sering melakukan seks dengan istri, mampu menjaga kuantitas dan kualitas sperma. Tidak ada salahnya melakukan ejakulasi beberapa kali dalam seminggu.

Dari penelitan yang termuat pada jurnal Human Reproduction, salah satu cara untuk merangsang motilitas sperma adalah memberikan asupan vitamin D lebih tinggi kepada tubuh. Vitamin ini mampu meningkatkan laju sperma lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda